Dari Jeju, Megawati Gelorakan Semangat Persaudaraan Utuh Bangsa Korea

Yovie Wicaksono - 16 September 2022

SR, Jeju – Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri mengatakan, persaudaraan sejati Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) yang utuh sebagai satu keluarga bisa dibangun dan harus terus disuarakan.

Hal itu diungkap Megawati saat menyampaikan keynote speech di Jeju Forum for Peace and Prosperity tahun 2022, di Jeju, Korea Selatan, Kamis (15/9/2022).  

Melalui Jeju Forum ini, Megawati mengajak semua pihak bergandengan tangan dalam satu solidaritas bangsa-bangsa yang mendambakan perdamaian abadi. Ditegaskannya, perdamaian abadi dan bukan perdamaian semu, sangat bisa dimulai dari Jeju sebagai bumi perdamaian. 

“Dari Jeju inilah juga diharapkan, bergelora semangat membangun persaudaraan sejati antara Korea Selatan dan Korea Utara sebagai satu bangsa, satu keluarga yang utuh,” kata Megawati.

Menurutnya, menghitung kurang lebih 72 tahun, atau mungkin sudah empat generasi Korea yang tadinya satu, menjadi terpecah belah. “Saya pribadi selalu berjuang untuk hal itu,” imbuhnya.

Menurutnya, ibarat sebuah keluarga, maka persoalan dalam keluarga harus diselesaikan secara kekeluargaan, tanpa campur tangan pihak manapun. “Dan hal inilah yang saya yakini akan dilakukan oleh bangsa Korea sendiri,” ujarnya.

Megawati mengatakan, dirinya percaya bahwa dari Bumi Jeju yang begitu indah, cahaya perdamaian akan bersinar semakin terang. 

“Cahaya perdamaian ini akan menuntun para pemimpin bangsa-bangsa dunia, untuk lebih arif-bijaksana, dan mengedepankan jalan perundingan, jalan musyawarah, guna mengakhiri perang dan berbagai ketegangan yang terjadi,” pungkas Megawati.

Sekadar informasi, Megawati menjadi pembicara kunci di Jeju Peace Forum itu bersama mantan Sekjen PBB Ban Ki Moon dan Gubernur Maryland AS Larry Hogan.

Turut mendampingi Megawati, yakni Dubes RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistyanto, Bendahara DPP PDIP Olly Dondokambey, Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri,  Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, dan Samuel Wattimena. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.