Komitmen Bupati Kediri Lindungi Warga yang Bekerja di Luar Negeri dari TPPO

Yovie Wicaksono - 6 July 2023

SR, Kediri – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta kepada Dinas Tenaga Kerja untuk selalu memantau para pekerja asal Kabupaten Kediri yang bekerja di luar negeri agar tidak menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Bupati berusia 30 tahun ini mengaku, pihaknya intens berkomunikasi dengan Sekretaris Daerah untuk membahas persoalan ini. Menurutnya upaya pencegahan tersebut merupakan bagian komitmen dari Pemerintah Kabupaten Kediri untuk melindungi para pahlawan devisa. 

Menurutnya, ungkapan kekhawatiran ini dirasakan oleh pemerintah daerah mana pun mengingat kasus TPPO mulai marak terjadi selama tiga bulan terakhir.

“Marak terjadi pada tiga bulan terakhir, tentunya itu menjadi komitmen di Pemkab Kediri untuk mencegahnya. Saya sering berkomunikasi dengan bapak Sekda meminta para pahlawan devisa yang bekerja di luar harus dipastikan dulu. Maka Kadisnaker yang kita tugasi untuk memastikan bahwa WNI yang ada di luar itu bisa mendapatkan perlindungan,” terangnya. 

Ia menjelaskan, jika pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk memberikan perlindungan terhadap warga negara Indonesia yang bekerja di luar negri.

Ia tidak ingin nantinya ada warga Kabupaten Kediri yang bekerja di luar negri terlibat atau menjadi korban TPPO. Namun sejauh ini, dirinya belum mendapat laporan terkait hal itu. 

“Alhamdulillah belum, semoga tidak ada,” kata Bupati. (rh/red)

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.