Daop 8 Surabaya Rutin Lakukan Pembersihan dan Penyemprotan Disinfektan pada Area Stasiun dan Sarana Kereta

Yovie Wicaksono - 19 March 2020
Sebagai upaya dalam mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19), PT KAI Daop 8 Surabaya rutin melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan pada area stasiun dan sarana kereta. Foto : (Humas Daop 8)

SR, Surabaya – PT KAI Daop 8 Surabaya telah melakukan berbagai langkah antisipasi preventif untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Salah satu langkahnya dengan rutin melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan pada area stasiun dan sarana kereta.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, setiap selesai beroperasi dan tiba di stasiun akhir, Kereta Api akan menuju area stabling untuk dilakukan pencucian kereta api. Khusus di Daop 8 Surabaya, stabling pencucian Kereta Api Jarak Jauh serta KA Lokal dilakukan di Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Surabaya Kota / Semut dan Stasiun Malang.

“Tiba di area stabling, maka pencucian KA dimulai. Adapun tahapannya terbagi menjadi dua, yaitu bagian interior dan eksterior. Untuk interior tahapannya adalah sweeping dasting atau menyapu lantai dan menyeka debu-debu yang ada di bagian interior, kemudian plafon atau membersihkan bagian langit-langit kereta, dilanjutkan pada bagian bordes dan toilet,” ujar Suprapto, Kamis (19/3/2020)

Selanjutnya untuk bagian terakhir khusus interior yaitu mopping atau mengepel lantai dan finishing atau pengecekan ulang segala pembersihan bagian interior. Setelah itu baru dilakukan penyemprotan disinfektan untuk mematikan kuman-kuman jika masih ada yang menempel pada sisi interior.

Sedangkan pekerjaan bagian eksterior tahapannya adalah pengisian air, wall cleaning atau pencucian bagian luar kereta api, swizzy glass (bagian kaca) dan finishing.

“PT KAI Daop 8 Surabaya terus konsisten melakukan upaya pencegahan menyebarnya virus Corona di area Stasiun dan di atas kereta api, salah satunya melalui pencucian kereta api dan penyemprotan disinfektan yang rutin dilakukan. Setiap pencucian kereta dilakukan oleh 8 petugas dengan memakan waktu sekitar 3,5 jam setiap rangkaiannya. Kemudian di saat melakukan pencucian dan penyemprotan disinfektan pada kereta, setiap petugas wajib menggunakan perlengkapan dinas sesuai SOP,” ujarnya.

Sementara untuk area stasiun, kegiatan pembersihan dan penyemprotan dengan disinfektan dilakukan disemua ruangan, mulai dari ruangan tunggu penumpang, loket, toilet sampai musala. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.