Daftar Kota di Jatim yang Terapkan PPKM Level IV

Yovie Wicaksono - 26 July 2021
Suasana di Bundaran Waru, Surabaya, Minggu (25/7/2021)

SR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV mulai hari ini hingga 2 Agustus 2021.

Di Jawa Timur ada beberapa kota yang masih akan memberlakukan pembatasan sesuai dengan apa yang disampaikan Jokowi.

Diantaranya Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Madiun, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun.

Khusus Pulau Bali, sesuai instruksi Kemendagri hanya menerapkan PPKM Level 3.

“PPKM level 3 akan diterapkan di 33 kabupaten/kota di Jawa-Bali seiring dengan perpanjangan PPKM hingga 2 Agustus 2021 mendatang,” ujar Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Panjaitan dalam siaran pers, Minggu (26/7/2021).

Seperti diketahui, dalam siaran pers melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi mengatakan, perpanjangan PPKM level IV ini juga dilakukan penyesuaian-penyesuaian, utamanya yang terkait kegiatan ekonomi rakyat.

“Pasar rakyat yang menjual sembako, bahan makanan diperbolehkan buka dengan menerapkan protokol kesehatan hingga pukul 15.00,” ujar Jokowi.

Sementara itu untuk jenis usaha lain, seperti cuci mobil/motor, potong rambut, toko pakaian diperbolehkan buka hingga pukul 20.00.

Sedangkan untuk restoran dan rumah makan, diperbolehkan buka hingga pukul 21.00. Pengunjung juga bisa makan di tempat dengan batas maksimal 20 menit.

“Semua hal itu mekanisme akan diatur melalui Pemda setempat,”kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menekankan pentingnya protokol kesehatan sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat bergotong royong untuk meningkatkan kegiatan ekonomi sosial. Terlebih saat ini terjadi trend penurunan Covid-19 di beberapa provinsi di Pulau Jawa.

Seluruh pihak terkait juga diminta untuk terus melakukan tracking, testing dan treatment dalam penanganan Covid-19, terutama menghadapi varian delta yang cepat penularannya. (ng/red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.