Cek Kesiapan Arus Mudik, Gubernur Jatim Bersama Kapolri Tinjau Terminal Purabaya

Yovie Wicaksono - 28 April 2022

SR, Sidoarjo – Menjelang arus mudik Lebaran 2022, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, meninjau pos pelayanan dan pos terpadu yang ada di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Rabu (27/4/2022).

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengapresiasi langkah Polri, melalui Polda Jatim dan Polresta Sidoarjo yang gerak cepat melakukan tes urine bagi pengemudi dan kondektur bus guna mencegah terjadinya laka lantas saat libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Sementara Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menyampaikan, peninjauan ke Terminal Purabaya ini untuk melihat kesiapan pos pelayanan dan pos terpadu untuk arus mudik Lebaran 2022.

Dikatakannya, dari data Terminal Purabaya ada peningkatan penumpang dibanding minggu lalu. Peningkatan tersebut diprediksi akan terus terjadi pada hari-hari ke depan.

Mantan Kapolda Banten itu menuturkan, selain ada pos pelayanan dan pos terpadu, di terminal tersebut juga dilakukan uji emisi untuk kendaraan, dan tes urine untuk sopir bus yang melayani pemudik.

“Agar saat membawa penumpang dalam kondisi prima. Apalagi dengan jarak jauh.  Selain itu terdapat layanan vaksinasi booster untuk pemudik yang belum disuntik vaksin ketiga tersebut,” kata Kapolri yang juga didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto.

Lebaran tahun ini, kata Sigit, akan lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Namun ia kembali mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dan menjaga protokol kesehatan agar Covid-19 tidak kembali naik.

“Sehingga setelah Idulfiitri kita bisa menjaga laju pertumbuhan Covid-19 karena angkanya saat ini sangat baik,” ujarnya.

“Maka kesiapan prokes dan pelayanan harus diperhatikan. Kita mendapat laporan bahwa di Surabaya ada banyak masyarakat yang mudik dari Kalimantan. Oleh karena itu harus tetap dijaga karena ini pertaruhan kita semua,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.