BMKG Ucapkan Selamat Datang Suhu Bediding Surabaya Raya

Rudy Hartono - 21 June 2024
Ilustrasi. Cuaca bediding suhu dingin saat musim kemarau. (net)

SR, Surabaya – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan cuaca pada Jumat 21 Juni 2024  di Surabaya Raya dan seluruh daerah Jawa Timur akan cerah, berawan sepanjang hari. Tidak akan ada wilayah yang hujan dan juga tidak ada peringatan dini untuk seluruh Jatim.

Dalam story Instagram, BMKG kebanjiran informasi dari netizen yang melaporkan udara dingin saat sore, malam hingga pagi hari. Kondisi ini yang dikenal dengan sebutan “bediding”.

Diterangkan bediding merupakan suhu ekstrem saat kemarau karena ketiadaan awan dan juga kurangnya uap air saat musim kemarau menyebabkan radiasi langsung matahari akan lebih banyak pula yang mencapai permukaan bumi.

BMKG melaporkan banyak wilayah di Jawa Timur akan cerah seharian, yakni: Bangkalan, Gresik, Kabupaten dan Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Pasuruan, Magetan, Ngawi Ponorogo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Surabaya dan Tuban.

Di wilayah itu suhu tertinggi pada siang hari di kisaran 32-34 ⁰C, kemudian sore suhu udara turun dengan cepat dan malam hari suhu bisa menyentuh 22-24⁰C, artinya suhu drop antara 10-12 ⁰C. Jadi saat siang cuaca panas menyengat kemudian di sore hingga malam hari angin dingin serasa menusuk kulit. Kondisi ini juga disebabkan karena kelembapan udara rata-rata 55-90 persen dan kecepatan angin  30 Km/jam.

Bagian Jawa Timur yang sejuk kota Batu, suhu udara di Batu pun terendah, yakni 16-28 ⁰C. Di siang hari suhu udara 27⁰C kemudian suhu turun mulai 23⁰C sore hari, turun terus hingga 17⁰C malam hingga pagi  keesokan harinya. Kelembapan udara kota Batu 65-95 persen dengan kecepatan angin 30 Km/jam

Karena seluruh Jawa Timur sudah masuk musim kemarau dengan cuaca didominasi cerah dan sinar matahari menyengat, BMKG menyarankan penggunaan sunscreen menghindari efek buruk paparan sinar matahari secara langsung terhadap kulit saat beraktivitas di luar rumah.

Penting untuk dicatat bahwa prakiraan cuaca dapat berubah, oleh karena itu, disarankan untuk selalu memantau pembaruan informasi cuaca dari sumber yang terpercaya. Dengan mengetahui prakiraan cuaca ini, masyarakat dapat lebih siap menghadapi kondisi cuaca yang mungkin terjadi pada periode tertentu. (*/red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.