Berkunjung ke Alun-Alun Surabaya Harus Daftar Online, Banyak Masyarakat Kecele

Yovie Wicaksono - 17 January 2022
Petugas di Alun - Alun Surabaya saat memandu wisatawan untuk mendaftar online. Foto : (Super Radio/Hamidiah Kurnia)

SR, Surabaya – Pemberlakuan aturan baru terkait kunjungan wisatawan ke area mall basement di Alun-Alun Surabaya, ternyata belum sepenuhnya dipahami masyarakat.

Banyak wisatawan yang belum tau dengan aturan tersebut, sehingga harus dipandu petugas untuk mendaftar di website tiketwisata.surabaya.go.id. 

Bahkan, tidak sedikit pula masyarakat yang terpaksa pulang karena tidak membawa gadget untuk mendaftar.

“Dari Rungkut kesini, karena ingin mengenalkan ke anak kalau disini ada wisata baru. Saya kaget waktu kesini ternyata tahu harus pesan tiket dulu,” ujar salah satu pengunjung, Mochamad Firmansyah (39), Senin (17/1/2022).

Hal serupa juga dialami oleh Angel, siswa kelas 11 SMA yang berkunjung untuk melihat pameran lukisan disana. Ia mengaku sempat terkejut dengan kebijakan baru, namun tetap mendukung upaya Pemkot Surabaya untuk mengurangi kerumunan.

“Milih kesini karena karya seni disini banyak, bervariasi, baru pertama kali disini. Ada e-ticketing ini menurutku bagus jadi gak berkerumun, lebih canggih juga,” ucap Angel.

Terkait hal tersebut, Keamanan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Nasrur Rizqi menyebut, aturan ini merupakan hasil evaluasi dari sepekan sebelumnya dan telah berlaku sejak Kamis (13/1/2022).

Dari hasil evaluasi inilah, akhirnya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (DKKORP) Kota Surabaya memberlakukan beberapa penyesuaian. 

Diantaranya, pembatasan jumlah pengunjung perhari menjadi 1400 orang yang terbagi ke 14 sesi, pembatasan durasi kunjungan maksimal 30 menit untuk area mall basement, dan sterilisasi ruangan tiap 2 jam sekali.

“Mulai hari ini wajib pakai tiket online, jam buka nya mulai 09.00 – 19.00 WIB. Dan tiap jam 12.30, 14.30, dan 17.30, ruangan dikosongkan 30 menit untuk disterilisasi terlebih dahulu,” ungkap Rizqi.

Selain itu, ada pula aturan terbaru tentang sistem kunjungan bagi rombongan siswa sekolah.

“Mulai hari ini, Senin (17/1/2022) untuk kunjungan rombongan mulai dari TK sampai SMA, jika ingin berkunjung ke alun-alun, harus menyertakan surat izin ke kepala UPTD Balai Pemuda Museum Gedung dan Seni Budaya,” tuturnya.

Sekedar informasi, bagi anda yang tertarik ingin mengunjungi area pameran seni di basement Alun-Alun Surabaya, dapat  mendaftar secara online terlebih dahulu di website tiketwisata.surabaya.go.id., lalu pilih jadwal kedatangan, kemudian unduh tiketnya atau screenshot dan tunjukan ke petugas yang berjaga di depan area mall basement. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.