Berdayakan Perempuan Melalui Pelatihan Tata Rias

Yovie Wicaksono - 9 April 2021

SR, Surabaya – Jumat (9/4/2021), dua puluh perempuan  remaja hingga dewasa, terlihat serius di depan peralatan make up yang telah disediakan panitia Pelatihan Tata Rias di Aula SMK Negeri 6 Surabaya. Pagi tadi, mereka mendapatkan materi dari instruktur make up profesional yang mendemonstrasikan cara merias untuk kegiatan sehari-hari.

Selanjutnya, mereka mempraktikkan cara make up kepada 20 model yang telah disiapkan. Dengan sabar dan teliti, 20 peserta ini mengaplikasikan pengunaan foundation (alas bedak), bedak, eye shadow (celak mata), lipstick, blush on (perona pipi) hingga membuat alis yang natural di wajah para model. Jika ada yang kurang, instruktur tak segan langsung mengajarkan cara make up yang benar kepada para peserta.

Salah satu peserta pelatihan, Angelica Wahyu Kartika Budiarti (18) mengaku baru pertama kali ini mengikuti pelatihan tata rias. Ia berharap, pelatihan ini menjadi langkah awal mewujudkan keinginannya menjadi perias atau Make-up Artist (MUA) profesional.

“Saya sendiri biasanya pentas menyayi make up sendiri memang, tapi kalau untuk belajar beneran sih belum, jadi ini pertama kali ikut pelatihan tata rias. Lumayan seru, senang juga bisa mendapat materi yang profesional, terlebih saya juga ada plan kesana (menjadi MUA, red),” ujar mahasiswi semester dua ini.

Sekadar informasi, pelatihan yang diadakan Forum Beda Tapi Mesra bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Jawa Timur dan didukung SMK Negeri 6 Surabaya serta Sekawan Cosmetics ini dalam rangka memperingati Hari Kartini digelar hingga besok dengan tujuan memberdayakan perempuan di Surabaya agar dapat mandiri di bidang ekonomi, khususnya di tengah situasi pandemi Covid-19. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.