Berburu Barang Antik di Pasar Nostalgia

Yovie Wicaksono - 18 July 2020

SR, Surabaya – Jika anda gemar mengoleksi barang antik, tak ada salahnya berkunjung ke Pasar Nostalgia yang berada di Jalan Bratang Binangun, Surabaya.

Di pasar ini ada 25 pedagang yang menjual ragam barang antik dan jadul. Mulai batu mulia, kaos band underground, kertas dokumen, perangko, uang kuno, piringan hitam, dan barang-barang primitif, hingga permainan jadul.

Salah satu pedagang, Firman Angga mengatakan, yang membedakan Pasar Nostalgia ini dengan pasar barang antik lainnya adalah terjamin keasliannya. 

“Kemudian untuk para kolektor, secara harga kami itu kompetitif. Sedangkan untuk orang awam, saat berkunjung kesini mereka akan teredukasi untuk mencintai kebudayaan masa lalu yang berupa barang antik itu,” ujar Firman Angga, Sabtu (18/7/2020).

Adapun salah satu koleksi yang dimiliki Firman Angga adalah kamera mata-mata zaman dulu, pedang KNIL tahun 40an, helm Inggris tahun 1942, plakat kereta tahun 1866, hingga senter tentara Jerman yang dipakai dalam Perang Dunia II. 

Sementara untuk permainan jadul, berbagai mainan maskot mulai dari ultraman hingga maskot MCD keluaran tahun 1995 juga dapat anda jumpai. Mainan tersebut dijual mulai dari Rp 10.000 hingga ratusan ribu.

“Koleksi paling lama ada mobil kaleng asal China tahun 70an, lalu komik tahun 70 an juga,” ujar Ipung, pedagang mainan jadul.

Pasar Nostalgia ini buka setiap hari mulai 10.00 – 19.00 WIB. Selain berjualan secara offline, para pedagang disini juga memasarkan barangnya secara online dengan pangsa pasar seperti Malaysia, Amerika Serikat, Australia, dan Hongkong. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.