Armuji Tinjau Plengsengan Tergerus dan Sebagian Jalan Ambles

Yovie Wicaksono - 25 March 2022

SR, Surabaya – Plengsengan sungai yang ambles sejak 2020 di kawasan Jalan Arief Rahman Hakim, saat ini masih dikerjakan secara bertahap. 

Sebelumnya, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Surabaya sudah memasang penahan di sepanjang sungai agar tidak terjadi longsor. Secara keseluruhan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan mengerjakan 360 meter plengsengan yang ambrol. 

Awal mula terjadi amblesnya jalan adalah karena tanah yang bergerak. Untuk mengatasi permasalahan genangan yang terjadi setiap hujan turun dengan melakukan normalisasi saluran air di sungai. Namun pengerukan dilakukan mencapai kedalaman sekitar tujuh meter menyebabkan adanya amblesnya tanah.

Terkait hal itu, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji pun mengunjungi lokasi untuk meninjau adanya jalan yang ambles karena plengsengan tergerus pada Kamis (24/3/2022).

“Untuk penanganan sementara karena ini ada sekitar 15 meter sebagian jalan yang ambles, maka nanti akan diberikan rambu agar tidak membahayakan pengguna jalan,” kata Armuji.

Selain itu, ia juga meminta satgas Dinas Lingkungan Hidup agar melakukan perantingan di sekitar lokasi sehingga sorot PJU dapat menerangi jalan secara optimal.

“Nah ini kan ada PJU tetapi tertutup ranting, nanti dirapikan supaya kalau malam terlihat. Jangan sampai ada warga jadi korban,” tegas Armuji.

Dirinya juga menyatakan, penyelesaian pengerjaan tanggul sedang dipersiapkan oleh Pemkot Surabaya. Sementara dipasang pilar-pilar besi sembari menunggu pembangunan secara menyeluruh. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.