Aksi Solidaritas dan Penggalangan Dana Peduli Wamena

Yovie Wicaksono - 13 October 2019
Aksi solidaritas untuk Papua “Kitorang Basodara” yang diselenggarakan beberapa perguruan tinggi dari UGM, Universitas Cendrawasih (Uncen) dan ITS yang diselenggarakan di kawasan car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (13/10/2019). Foto : (Dephub)

SR, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi beserta seluruh jajaran eselon 1 Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hadir dalam Aksi solidaritas untuk Papua “Kitorang Basodara” yang diselenggarakan beberapa perguruan tinggi dari UGM, Universitas Cendrawasih (Uncen) dan ITS yang diselenggarakan di kawasan car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (13/10/2019).

Kegiatan diawali dengan senam pagi Sajojo, Tobelo dan Maumere kemudian Menhub dan rombongan melakukan jalan sehat dengan rute Bundaran HI – Sarinah – Bundaran HI dengan diiringi Marching Band dari Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD). Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus dengan penggalangan dana Peduli Wamena yang berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp. 1,5 miliar.

“Pagi ini kami dengan ikatan alumni ITS, Uncen, serta Kagama bersilaturahmi ingin bertemu disini dengan teman-teman kita dari Papua. Hari ini juga kami melakukan pengumpulan dana untuk Wamena dan terkumpul 1,5 miliar rupiah, semoga bisa digunakan untuk saudara-saudara kita disana,” ujar Menhub.

Acara kemudian dilanjutkan dengan dialog interaktif tentang Papua oleh Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani, Bupati Fakfak Mohammad Uswanas, Bupati Yahukimo Abock Busup, Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambu, Kepala SKK Migas/Ketua IKA ITS Dwi Soetjipto, Tokoh Papua Taha Alhamid dan Perwakilan IKA Uncen Jonathan K. Wororomi.

Hadir pula artis asal Papua Edo Kondologit, yang memberikan hiburan di sela-sela acara bersama dengan grup band Papua Original.

Disampaikan lebih lanjut oleh Menhub, setelah kegiatan ini akan diadakan Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat guna membahas seluruh aspek transportasi yang berada di masing-masing daerah.

“Kita siang ini akan merapatkan koordinasi di Indonesia Timur khususnya Papua dan Papua Barat, semua aspek transportasi akan kita bahas supaya kita memastikan konektivitas bisa dilaksanakan dengan baik,” tandasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.