Ziarah Wisata Pengenalan Nilai Kepahlawanan

Yovie Wicaksono - 11 December 2021

SR, Surabaya – Kepala Dinas Sosial Jawa Timur (Kadinsos Jatim), Alwi mengatakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. 

Hal ini disampaikan menanggapi program ziarah wisata pengenalan nilai kepahlawanan, keperintisan, kesetiakawanan dan restorasi sosial (KKKRS) tahun 2021 dalam rangka peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN).

Alwi mengatakan, kegiatan ziarah wisata ini dinilai perlu ditanamkan sejak dini pada pelajar sehingga dapat mengetahui jasa-jasa para pahlawan yang telah rela berkorban demi kemerdekaan Indonesia. 

“Saat ini kita berperang melawan kemiskinan, narkoba, dan cyber crime yang merupakan musuh nyata yang ada di Indonesia. Pada era globalisasi saat ini kita harus meneruskan perjuangan melawan penjajah dengan mempererat persatuan dan kesatuan dalam menghadapi permasalahan pandemi Covid-19,” ujar Alwi, Jumat (10/12/2021).

Ia menambahkan, kemajuan teknologi tidak hanya membawa dampak positif, hal negatif yang harus diwaspadai seperti budaya hidup hedonis, tawuran, narkoba, hoax, menjadi ancaman serius yang dapat merusak generasi muda.

Sebagai generasi muda, harus menyadari bahwa nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang ada di dalam Pancasila harus dijadikan pedoman dalam hidup. 

“Perkokoh solidaritas, Indonesia sejahtera” tema yang diangkat pada hari kesetiakawanan sosial nasional (HKSN) tahun  2021 ini pun harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif, kreatif dan inovatif, sehingga dapat menjadi generasi muda yang inspiratif. Kemerdekaan Indonesia pun harus terus diperjuangkan, tingkatkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme. 

“Berjuang bersama demi kemajuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, generasi muda harus melanjutkan semangat pejuang, jangan melupakan jasa para pahlawan. Mari kita mendoakan para pahlawan agar mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT,” tandasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.