Yoga Bersama di Pura Jagat Karana

Yovie Wicaksono - 29 June 2019

SR, Surabaya – Memperingati Hari Yoga Internasional yang jatuh pada 21 Juni, puluhan masyarakat melakukan yoga bersama di Pura Agung Jagat Karana, Surabaya, pada Sabtu (29/6/2019) sore.

Instruktur yoga, Surya (40) mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dengan melakukan yoga secara rutin. Terlebih yoga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan psikologis.

“Yoga ini banyak manfaatnya, bukan hanya untuk fisik tapi juga psikologis. Karena yang ikut ini kebanyakan range usianya diatas 50 tahun dan keluhannya banyak sakit di lutut dan pencernaan, maka disini kita latihannya banyak melatih paha dan perut,” ujar pria yang rutin melakukan yoga sejak 12 tahun lalu ini.

Surya mengatakan, sebelum melakukan latihan yoga dimulai dengan meditasi terlebih dahulu, guna menenangkan diri, mengkontrol emosi, mengatur nafas, serta konsentrasi terhadap diri sendiri. Pernafasan, adalah salah satu bagian penting dalam berlatih yoga.

“Berlatih yoga itu tidak instan, harus secara rutin, minimal berlatih seminggu satu kali dengan durasi waktu 1 – 1,5 jam. Tapi lebih baik seminggu 2 – 3 kali latihan yoga untuk menjaga kesehatan kita. Berlatih yoga juga semampu kita, jangan mengejar pose karena nanti bisa cedera, ikut dan nikmati tahapannya,” imbuh pria asal Surabaya ini.

Salah satu peserta yoga, Tri Puji Astuti (41) mengaku merasakan perubahan kondisi tubuhnya setelah rutin berlatih yoga selama satu tahun. Keluhan yang sering dirasakannya seperti pinggang belakang sakit dan nyeri di bagian kepala kini sudah tidak pernah ia rasakan lagi. “Bahkan kalau dulu capek, saya selalu pijitkan. Tapi sekarang kalau kaki saya capek, saya buat untuk yoga,” ujarnya. (fos/red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.