WNI Bebas Dari Ancaman Penjara Seumur Hidup di Filipina

Yovie Wicaksono - 20 May 2019
Dwi Wulandari Saat Bertemu Keluarga di Blitar, Jawa Timur. Foto : (Kemenlu RI)

SR, Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar RI Manila berhasil memulangkan Dwi Wulandari, WNI yang dibebaskan dari ancaman hukuman seumur hidup karena tuduhan penyelundupan narkoba jenis kokain.

Dwi Wulandari dibebaskan pada Sabtu (19/5/2019) dan dipulangkan dari Manila keesokan harinya dengan menggunakan penerbangan Cebu Pacific Airlines 5J759.

“Setelah tiba di Jakarta yang bersangkutan diantarkan dan diserahterimakan kepada keluarga di Blitar, Jawa Timur,” kata Plh. Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu RI, Judha Nugraha, Senin (20/5/2019).

Dwi Wulandari ditangkap pada 29 September 2012 di Bandara Internasional Ninoy Aquino karena dituduh membawa 6 kg kokain. Setelah menempuh proses persidangan di Regional Trial Court 231 Pasay City dan Court of Appeal Manila Division 7, pada 29 Maret 2019 Dwi Wulandari dibebaskan.

Hakim Court  of Appeal Manila memutus Dwi Wulandari tidak bersalah atas segala dakwaan Jaksa Penuntut Umum dan membatalkan putusan Hakim Regional Trial Court 231 yang sebelumnya menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup pada 22 Juni 2017.

Selama proses persidangan, KBRI Manila  memberikan pendampingan  kekonsuleran dan  penerjemah bagi Dwi Wulandari hingga mendapat putusan bebas.

Dalam proses persidangan tersebut, Dwi Wulandari didampingi pengacara Philip Torres  dan Edric Chua dari Public Attorney Office. Sedangkan, Kementerian Luar Negeri melaluo Direktorat Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) secara berkala melakukan engagement dengan pihak keluarga selama proses hukum Dwi Wulandari berlangsung. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.