Wakil Rakyat, Salah Satu Pilar Wujudkan Partai Pelopor

Yovie Wicaksono - 6 September 2019
Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat dalam Pendidikan Kader Partai Penugasan Khusus Anggota Legislatif yang digelar DPD PDI Perjuangan Jatim di hall Madina, Hotel Utami, Juanda, Sidoarjo, Jumat (6/9/2019). Foto : (Istimewa)

SR, Sidoarjo – Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengingatkan anggota DPRD dari PDI Perjuangan sebagai salah satu pilar partai yang bertanggung jawab mewujudkan partai pemenang pemilu ini menjadi partai pelopor.

Hal itu disampaikan Djarot saat mengisi materi di acara Pendidikan Kader Partai Penugasan Khusus Anggota Legislatif yang digelar DPD PDI Perjuangan Jatim di hall Madina, Hotel Utami, Juanda, Sidoarjo, Jumat (6/9/2019).

Di depan anggota DPRD Provinsi Jatim, dan DPRD Kabupaten/Kota se-Jatim yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 2019 ini, Djarot menyampaikan materi Menuju Partai Pelopor: Memperkuat Sinergitas Tiga Pilar Partai Sebagai Jalan Mewujudkan Trisakti.

Menurut Djarot, untuk menuju partai pelopor, tiga pilar partai harus diperkuat. Yakni struktural partai, legislatif, dan eksekutif.

Menurut Djarot, sebenarnya PDI Perjuangan sudah lama mencanangkan diri untuk menjadi partai pelopor. Namun hal itu lebih ditegaskan kembali dalam Kongres V PDI Perjuangan di Bali Agustus 2019 lalu.

Sebagaimana disampaikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat Kongres V, sebut Djarot, kader PDI Perjuangan harus berjuang tanpa henti dengan kesabaran progresif revolusioner untuk mewujudkan PDI Perjuangan sebagai partai pelopor.

Yakni partai yang terarah dan terukur dalam menghasilkan keputusan politik. Di mana kerja politik utama bagi suatu partai politik harus menghasilkan keputusan politik dengan mengorganisir seluruh tenaga rakyat.

“Bukan sekadar menang elektoral. Menang elektoral harus merupakan buah dari kerja politik, bukan transaksional politik,” tegasnya.

Sesi pertama di hari kedua pendidikan kader ini menjadi lebih hidup, dengan adanya tanya jawab usai pemaparan Djarot.

Materi pertanyaan yang disampaikan peserta tidak hanya seputar partai pelopor. Namun juga terkait tugas-tugas kedewanan. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.