Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Jatim Dijadwalkan Minggu Depan

Yovie Wicaksono - 5 January 2021

SR, Surabaya – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr Herlin Ferliana menyampaikan, Pemerintah Pusat akan memulai pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 pada 13 Januari 2021, selanjutnya diikuti oleh Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota pada 14 dan 15 Januari 2021.

Hal tersebut akan dilakukan setelah izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) keluar.

“Sesuai instruksi Presiden, vaksinasi Covid-19 ini diberikan secara gratis dan masyarakat tidak dipungut biaya. Presiden menjadi orang pertama penerima vaksin, tujuannya untuk membangun kepercayaan masyarakat bahwa vaksin yang diberikan aman,” ujarnya dalam rapat terbatas secara virtual yang dihadiri Gubernur Jawa Timur, Wakil Gubernur Jawa Timur, Sekda Prov Jatim, Kepala OPD terkait dan para Direktur Rumah Sakit Daerah Pemprov Jatim, Selasa (5/1/2021).

Dalam arahannya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, meminta Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur menyiapkan fasilitas layanan kesehatan, SDM, dan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pelaksanaan vaksinasi di Jawa Timur.

Selain itu, Khofifah juga menugaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur untuk mengecek lagi kesiapan pelaksanaan vaksinasi di Jawa Timur dengan baik, mulai dari kesediaan ruangan dan SDM kesehatan.

“Kita segera melakukan koordinasi dengan Pangdam V, Kapolda Jatim, Pangkoarmada, Bupati dan Walikota. Supaya masing-masing Kabupaten Kota segera menyiapkan Satgas vaksinasi Covid-19 di daerah masing-masing,” ujarnya.

Berdasarkan data verifikasi Pemerintah Pusat per 3 Januari 2021 pukul 12.00 WIB, target sasaran vaksinasi tahap pertama di Jawa Timur sejumlah 22.652.927 orang. Sedangkan alokasi vaksin untuk SDM kesehatan 77.760 orang.

Sebagai informasi, vaksin Covid-19 produksi Sinovac yang dikirim dari PT Bio Farma Jawa Barat tiba di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Jalan Ahmad Yani pada Senin (4/1/2021) pukul 11.00 WIB. Kendaraan pengangkut vaksin tiba dikawal mobil baracuda milik Polda Jatim. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.