Tol Pandaan-Malang Ditutup Sementara

Fena Olyvira - 25 May 2019
Gerbang tol Pandaan. Foto : (Kementerian PUPR)

SR, Surabaya – Jalur Tol Pandaan-Malang dan sebaliknya ditutup sementara, karena adanya pekerjaan pemasangan balok jembatan ke atas tumpuannya, tepatnya di overpass kilometer 78 Pandaan, Jawa Timur.

Humas Jasa Marga Tol Surabaya-Gempol, Agus Tri Antyo di Surabaya, Sabtu (25/5/2019) mengatakan, penutupan sementara tersebut dilakukan nanti pukul 20.00 WIB sampai Minggu (26/5/2019) pukul 05.00 WIB.

“Oleh karena itu, kami mohon maaf bahwa perjalanan masyarakat terganggu. Dan kami upayakan adanya pengalihan arus lalu lintas,” kata Agus, dalam pesan singkat yang diterima Antara.

Pengalihan arus itu dilakukan dengan sistem kendaraan dari Malang menuju Pandaan/Surabaya bisa masuk melalui pintu tol Singosari, kemudian keluar di Gerbang Tol Lawang ke arah jalan arteri. Setelah itu, masuk kembali di Gerbang Tol Purwodadi dan menuju Pandaan/Surabaya.

Sebaliknya dari Surabaya/Pandaan menuju Malang, kendaraan akan keluar di Gerbang Tol Purwodadi menuju jalan arteri/non-tol, dan masuk kembali Gerbang Tol Lawang lalu menuju Malang atau Pintu Tol Singosari.

Agus meminta agar pengendara untuk tetap mematuhi rambu lalu-lintas dengan menggunakan kecepatan maksimum 80 km per jam di Tol Pandaan-Malang, tujuannya mengantisipasi kecelakaan yang sering terjadi di kawasan setempat.

Sebelumnya, tarif jalan Tol Pandaan-Malang seksi 1-3 masih digratiskan hingga Idul Fitri 1440 Hijriah, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo pada saat meresmikan tol itu Senin (13/5/2019), tujuannya untuk mengurangi beban masyarakat, khususnya yang akan melakukan mudik Lebaran pada Juni 2019.

Secara total, ruas Tol Pandaan-Malang terbagi menjadi lima seksi, seksi pertama menghubungkan Pandaan-Purwodadi di Kabupaten Pasuruan. Kemudian pada seksi dua Purwodadi menuju Lawang, Kabupaten Malang, dan seksi tiga Lawang menuju Singosari, Kabupaten Malang.

Sementara untuk seksi empat, dari Singosari menuju Pakis, Kabupaten Malang, dan seksi lima, Pakis menuju Kota Malang. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.