Taruna Merah Putih Ajak Generasi Muda Bangkitkan Semangat Kepemudaan

Yovie Wicaksono - 29 October 2021
Ketua Taruna Merah Putih, Aryo Seno Bagaskoro. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Ketua Taruna Merah Putih (TMP), Aryo Seno Bagaskoro mengajak anak-anak muda untuk keluar dari zona nyaman. Terlebih di era modern ini anak-anak muda dihadapkan dengan tantangan yang berbeda dan tidak ada lagi keterbatasan dalam mengambil pilihan, yang bisa membuat individualisme dan ego semakin tinggi.

“Jika ingin mencapai tujuan besar maka kelebihan dan kelemahan ini harus disatukan untuk saling mengisi satu sama lain, dan itu menjadi poin kuat untuk anak muda sekarang,” kata pria yang menjabat sebagai koordinator Surabaya Memanggil ini.

Ia mencontohkan, pada kondisi anak muda yang memiliki kreativitas tinggi dan berbakat di bidang kerja sosial namun cenderung individual. Maka tugas bersama adalah mengajak mereka keluar dari zona nyamannya.

“Misalnya ada anak muda yang punya keahlian melakukan kerja sosial, bisa berinteraksi dengan mudah dan jejaring ke masyarakat. Ada pula yang kreativitasnya bagus. Bisa nggak kita melakukan kerja kolaborasi, gotong-royong untuk mencapai tujuan bersama dan mimpi bersama yang kita idam-idamkan,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, semangat kepemudaan yang telah diciptakan para pendahulu 93 tahun lalu (Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928) harus terus dijaga dan dikembangkan. 

Generasi muda harus berani untuk mengeksplor diri dan lingkungan sekitar. Berani aktif dan terjun langsung ke masyarakat untuk menjembatani permasalahan yang ada. 

“Semangat nya sekarang itu sekarang bicara tentang pemenuhan hak-hak hidup, tentang isu-isu lingkungan, tentang isu pemerataan akses, dan distribusi kesejahteraan,” ucapnya.

“Anak muda jaman sekarang sebetulnya sangat peka terhadap isu kemanusiaan. Semangat itu tinggal diarahkan saja bersama, agar tidak hanya menyuarakan melalui media-media massa atau media sosial,” pungkasnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.