Surga Pecinta Burung di Surabaya

Yovie Wicaksono - 10 August 2021

SR, Surabaya – Memelihara burung, bagi sebagian orang, bisa melepaskan stres maupun penat dari rutinitas keseharian. Hal ini dikarenakan suara kicauan yang bisa memberikan ketenangan dan ketentraman hati.

Di kota Pahlawan, Pasar Burung Bratang dikenal sebagai surga pecinta burung. Pasar yang berdiri sejak tahun 1980-an ini, melayani jual beli burung beserta perlengkapan untuk merawatnya.

Berbagai jenis burung mulai dari murai batu, kenari, cendet, love bird, kutilang, prenjak, dan jenis lainnya dijual mulai dari yang bakalan hingga siap lomba dengan harga bervariasi.

“Ini total ada 40 ekor, paling banyak jual lokalan seperti branjangan, murai batu, cucak rowo. Lalu ada yang impor dari China seperti poksay sama hwamei,” ujar Candra, pedagang burung dilantai dua Pasar Burung Bratang, Selasa (10/8/2021).

Pria asal Surabaya ini mengatakan, kualitas burung menjadi penentu harga jual. Burung dengan kondisi prima dan suara merdu bisa dibandrol hingga jutaan rupiah.

“Kalau harga tergantung mutu, paling murah ya kondisinya minus atau cacat. Kalau saya ini jualan mulai dari harga Rp 700 ribu sampai Rp 10 juta tergantung mutunya,” tandas pria berusia 70 tahun ini.

Buka mulai 08.00 – 16.00 WIB (saat pandemi), Pasar Burung Bratang juga menjadi tempat bertemu para kolektor burung baik dari Surabaya maupun luar kota untuk sekadar sharing tentang hobi memelihara burung yang mereka geluti. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.