Stok Kebutuhan Terpenuhi, Pemprov Jatim Larang Daging Impor Masuk

Yovie Wicaksono - 27 February 2022

SR, Kediri  – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melarang masuknya daging sapi impor di wilayahnya. Hal ini disampaikan Khofifah saat melakukan kunjungan kerja di Kediri pada Minggu (27/2/2022).

Menurut Khofifah, Jawa Timur saat ini memiliki populasi sapi potong sebanyak 4,93 juta ekor dan harga daging sapi relatif stabil, serta suplai di pasar juga dirasa mencukupi.

Maka dari itu, ia mengatakan bahwa tidak ada alasan bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mengijinkan daging sapi impor masuk. 

“Sapi potong 4,93 juta ekor, harga di pasar pasar tradisional di Jawa Timur stabil, supply stabil. Oleh karena itu, jika terjadi kenaikan harga di beberapa provinsi yang lain dan kemudian ada opsi melakukan impor, silahkan kalau pemerintah melakukan impor  tetapi saya  melarang masuknya daging impor ke Jawa Timur,” pungkasnya.

Meski demikian, ia tidak memiliki kewenangan melarang pemerintah pusat untuk mendatangkan daging sapi dari luar negri. Tetapi hal itu tidak untuk didistribusikan masuk ke wilayah Provinsi Jawa Timur karena stok dirasa cukup dan ia merasa yakin bahwa kebutuhan daging masyarakat masih terpenuhi. 

“Insya Allah Jawa Timur sangat cukup untuk menyiapkan, kebutuhan daging di seluruh area pasar modern maupun area pasar tradisional sampai pada titik konsumen,” katanya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.