Soekarwo Resmi Jadi Tim Dosen UNAIR

Yovie Wicaksono - 3 May 2019
Pakde Karwo mengisi kuliah umum di Aula Tirtodiningrat Notonagoro, FEB UNAIR, Kamis (2/5/2019). Foto : (Humas Unair)

SR, Surabaya – Gubernur Jawa Timur 2009-2019, Soekarwo, telah resmi menjadi bagian dari tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (UNAIR). Fokus mata kuliah yang diampu adalah Teori Ekonomi Makro, Program Studi Magister Ilmu Ekonomi, sehingga ke depan ia akan terlibat dalam kegiatan pembelajaran.

Kamis (2/5/2019) menjadi kesempatan kedua bagi Pakde Karwo, sapaan karibnya, untuk mengisi kuliah umum di Aula Tirtodiningrat Notonagoro, FEB UNAIR. Topik yang diangkat adalah Kebijakan Stabilisasi Ekonomi: Strategi Menjaga Momentum Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Dunia.

Menurut Soekarwo, perlu adanya perhatian lebih pada sektor pertanian karena kontribusinya yang cukup besar dalam ekonomi. Begitu juga dengan penyerapan tenaga kerja terutama di pedesaan. Dimana biasanya kawasan pedesaan menjadi kantong-kantong kemiskinan.

“Yang menjadi problem adalah pada sektor pertanian penciptaan nilai tambahnya belum optimal,” ujarnya.

Lantas Soekarwo mencetuskan satu desain program untuk meningkatkan penciptaan nilai tambah di pertanian, khususnya bagi para petani. Sehingga kesejahteraan mereka dapat meningkat.

“Dengan konsep agro-maritim hulu hilir. Jadi petani bukan hanya sebagai penggarap tapi juga terlibat aktif dalam sisi produksi,” ujar Pakde Karwo.

Diharapkan petani juga bisa mengetahui seputar teknik marketing, menjual produk dengan baik dan nilai tambahnya yang lebih tinggi.

Selain itu, pemerintah juga membantu petani agar bisa memiliki peluang menciptakan nilai tambah yang bisa berdampak pada pendapatan. Kalau sudah kuat hanya diberi stimulasi, kalau perlu bantuan diberi fasilitas, kalau sangat lemah diberi charity. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.