Sering Kecewa Saat Membeli? Berikut Cara Memilih Buah Semangka

Yovie Wicaksono - 28 July 2020
Ilustrasi semangka. Foto: (iStock/Shine)

SR, Surabaya – Anda penikmat semangka? Jika iya, anda sangat beruntung, karena selain rasanya yang segar, semangka ternyata mengandung vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Melansir Healthline, semangka memiliki 92 persen kandungan air, yang membuat penikmatnya akan merasa kenyang.

Memilih semangka bisa dikatakan gampang-gampang susah. Jika salah pilih, hasilnya jelas di luar ekspektasi. Supaya tidak salah pilih, berikut cara memilih semangka yang berkualitas.

1. Mengetuk permukaan semangka untuk memeriksa kepadatan daging buahnya

Cobalah memilih semangka yang berkualitas dengan cara mengetuk permukaan semangka untuk memeriksa kepadatan daging buahnya. Semangka yang matang sempurna akan mengeluarkan suara yang berat dan penuh saat diketuk.

Sebaliknya, semangka yang memiliki banyak rongga di dalamnya akan berbunyi lebih nyaring dan bergetar saat diketuk. Ini menandakan semangka tersebut masih terlalu muda.

2. Mencermati warna garis di bagian kulit semangka

Langkah selanjutnya dalam memilih semangka yang berkualitas adalah mencermati warna garisnya. Semangka matang tentunya memiliki warna hijau gelap dan cenderung kusam dibandingkan yang belum matang.

Semakin gelap dan tajam warna garis tersebut, artinya semangka itu memiliki rasa yang manis.

3. Tangkai kering tanda semangka sudah matang

Ini adalah cara yang paling mudah. Buah semangka memiliki tangkai di bagian atasnya, anda harus amati bagian tersebut. Tangkai yang tampak kering dan mudah dicabut artinya semangka yang akan and beli sudah matang.

Jika tangkai masih hijau, kemungkinan besar semangka terlalu cepat dipanen dan tidak matang saat berada di pohon.

4. Jaring berwarna coklat di bagian kulit semangka

Tanda jaring berwarna coklat yang tampak melekat pada semangka, merupakan pertanda daging buahnya manis.

Tanda jaring coklat di bagian kulit semangka berasal dari penyerbukan lebah pada semangka. Semakin banyak penyerbukan di semangka, maka semakin manis pula rasanya.

5. Hindari memilih semangka yang memiliki bercak putih

Cara memilih semangka yang buah dagingnya manis, salah satunya adalah anda harus memperhatikan bercak putih di bagian kulit luar.  Jika anda mendapati bercak putih di kulit semangka, itu artinya buah tersebut kurang mendapat cahaya matahari dan belum sepenuhnya matang.

Semangka yang belum sepenuhnya matang, tidak akan memberikan rasa manis yang sempurna meski kandungan air di dalamnya cukup tinggi.

Anda bisa memilih buah semangka yang memiliki bercak kuning di kulitnya, karena bisa menjadi tanda semangka tersebut memiliki rasa manis dan kematangan yang baik. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.