SDN Kapasari VIII Surabaya Terapkan Pelajar Pancasila Lewat Unjuk Kerja dan Karya

Yovie Wicaksono - 10 April 2022
Kelompok Mercurius Foto Bersama Dewan Penguji dalam UKK yang digelar SDN Kapasari VIII Kecamatan Genteng, Surabaya, Sabtu (9/4/2022). Foto : (Super Radio/Rina Ananda)

SR, Surabaya – Sejumlah murid terlihat antusias mengikuti Unjuk Kerja dan Karya (UKK) yang digelar SDN Kapasari VIII Kecamatan Genteng, Surabaya, Sabtu (9/4/2022).

Pelaksanaan UKK 2022 SDN Kapasari VIII ini dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SDN Kapasari VIII dengan pemotongan pita dan pelepasan burung merpati serta dihadiri oleh pengawas sekolah wilayah Kecamatan Genteng.

Kepala Sekolah SDN Kapasari VIII, Rini Winarsih mengatakan, UKK sendiri merupakan kegiatan yang didalamnya berupa pendidikan karakter seperti gotong royong, kekompakan, tidak mudah putus asa, dan saling menghargai sebagai penerapan dari Pelajar Pancasila. 

UKK yang menjadi agenda tahunan dan bagian dari prosesi kelulusan kelas VI SDN Kapasari VIII ini tidak hanya melatih kemandirian tetapi juga membekali ilmu dan keahlian kepada para pelajar yang kelak akan berguna di masa depan.

“Hasil dari UKK ini untuk mencetak siswa yang pantang menyerah menghadapi keragaman global, mandiri, memiliki keterampilan yang nantinya bisa membantunya secara finansial atau ekonomi,” imbuh Rini.

Dalam UKK tersebut, terdapat sebanyak 25 kelompok yang terdiri dari empat kelas dan masing – masing kelompok menampilkan hasil karya mereka ke dewan penguji. 

Salah satu anggota Kelompok Mercurius, Audrey mengatakan, kelompoknya menghadirkan nugget sayur atau Nusa dalam UKK ini.

“Kami sudah berlatih hingga kurang lebih 1 bulan untuk mematangkan presentasi saat menampilkan ke dewan penguji. Mungkin sedikit grogi karena kita semua lagi berpuasa,” kata siswa VI SDN Kapasari VIII ini.

Selain Kelompok Mercurius dengan nugget sayurnya, ada pula karya berupa lilin dari minyak jelantah (Kelompok Mohammad Yamin), sirup dari belimbing wuluh (Kelompok Zamrud Khatulistiwa), banana spring roll (Kelompok Matahari), hingga pengembangan energi panel surya dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai pengganti tenaga listrik (Kelompok Saturnus).

Adapun yang menjadi kriteria penilaian UKK antara lain adalah hasil kerja kelompok, ide dan inovasi, tampilan produk, manfaat untuk lingkungan sekitar dan penilaian saat presentasi. (ra/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.