Sanggul dan Kebaya sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia

Rudy Hartono - 29 June 2024
Komunitas Wanita Bersanggul Indonesia

SR, Surabaya – Dilatarbelakangi kegelisahan atas kondisi terlupakannya sanggul dan kebaya di kalangan masyarakat Indonesia saat ini, WBI tergerak untuk bersama-sama melestarikan busana Sanggul dan Kebaya sebagai jati diri Wanita Indonesia, dan sebagai asset budaya Nasional Indonesia, hal itu disampaikan Sumi Rahayu sebagai Pendiri Penasihat WBI.

Menurut Sumi, pergerakan pelestarian Sanggul dan Kebaya ini berawal pada bulan Maret 2020, saat itu awal mewabahnya Covid19, sehingga kegiatan-kegiatan banyak difokuskan melalui daring, webinar dan lain-lain.

“Selain itu kegiatan di lapangan yang juga terbatas,”ucapnya.

Kemudian pada tanggal 17 Oktober 2022 ditetapkanlah nama komunitas ini yaitu Wanita Bersanggul Indonesia.

“Saya dan kawan-kawan membekali ketrampilan tentang Sanggul dan Kebaya kepada anggota, kemudian serta sosialisasi dan mengkampanyekan pemakaian sanggul dan kebaya kepada masyarakat,”ujar Sumi.

Sementara itu kata Lumbung Busana Indonesia ini juga memberikan bantuan busana sanggul dan kebaya kepada Wanita Indonesia yang membutuhkan.

Selalu berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kebudayaan dengan mendukung dan berkerjasama dengan komunitas Budaya yang lain,”katanya mengakhiri. (*/rri/red)

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.