4.279 Anggota dan ASN Polda Jatim Terima Kenaikan Pangkat

Fena Olyvira - 1 July 2019
Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat memimpin prosesi kenaikan pangkat di lapangan Mapolda setempat, Minggu (30/6/2019) malam. Foto : (Humas Polda Jatim)

SR, Surabaya – Sebanyak 4.279 anggota Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kepolisian Daerah Jawa Timur menerima kenaikan pangkat melalui prosesi upacara yang digelar di lapangan Mapolda setempat, Minggu (30/6/2019) malam.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan didampingi Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto dan pejabat utama Polda Jatim dalam sambutannya mengucapkan selamat pada seluruh anggota dan ASN yang naik pangkat per 1 Juli 2019.

“Kenaikan pangkat ini adalah hasil dari perjuangan anggota. Tahun ini kenaikan pangkat lebih susah karena waktu ditambah dua tahun. Dengan kenaikan pangkat maka tugas dan tanggung jawab juga akan lebih berat dan harus dapat dilaksanakan dengan baik,” kata Kapolda.

Melansir Antara, adapun anggota Polri pangkat perwira sebanyak 268 orang. Dari pangkat Kompol ke AKBP 29 orang, AKP ke Kompol 59 orang, Iptu ke AKP 27 orang, Ipda ke Iptu 17 orang, Aiptu ke Ipda (pengabdian) 136 orang.

Sedangkan kenaikan pangkat Brigadir dan PNS sebanyak 2440 orang. Terdiri dari Aipda ke Aiptu 47 orang, Bripka ke Aipda 611 orang, Brigpol ke Bripka 1.653 orang, Briptu ke Brigpol 22 orang, Bripda ke Briptu 105 orang, Bharatu ke Bharaka1 orang, Bharada ke Bharatu 1 orang, dan ASN 1.589 orang.

Usai upacara, 4.279 anggota Polri dan ASN dikomando langsung oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan untuk melakukan sujud syukur dengan cium bumi.

Di saat prosesi cium bumi dilakukan, puisi tentang perjuangan dan pengabdian dibacakan dengan suasana hening dan gelap. Tak lama masuk dua unit mobil pemadam kebakaran dan dua unit mobil water canon Sabhara memasuki lapangan upacara.

Secara perlahan air disemprotkan pada ribuan anggota dan ASN yang sedang khusyuk sujud syukur. Suasana pun menjadi meriah dan haru usai prosesi dilakukan. Pasalnya, pada upacara kenaikan pangkat kali ini, Kapolda Jatim mengundang seluruh istri dan suami personel yang naik pangkat.

“Tradisi baru dengan cium bumi dan penyiraman air sebagai bentuk syukur dan juga memberikan kesan bagi anggota. Untuk naik pangkat kali ini berbeda dengan sebelumnya. Sekarang lebih sulit karena harus dilakukan dua tahun lebih lama,” ujar Luki.

Tak hanya tradisi cium bumi dan disiram air. Ribuan anggota dan ASN itu juga diberikan kesempatan untuk meluapkan rasa bahagia bersama keluarga. Bagi pasangan suami istri diperintahkan untuk saling mencium pipi pasangan masing-masing dan diakhiri dengan saling berpelukan.

“Bagi suami bisa peluk para istri untuk mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doanya sehingga bisa naik pangkat. Mintalah maaf jika memang memiliki salah dan semoga kedepan karir makin baik,” ucapnya. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.