PSBB di Jakarta, Enam KA Tujuan Stasiun Pasar Senen Dibatalkan

Yovie Wicaksono - 23 April 2020
Ilustrasi Kereta Api. Foto : (Humas Daop 8)

SR, Kediri – Sebagai salah satu upaya untuk memaksimalkan program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PT KAI Daop 7 Madiun membatalkan enam pemberangkatan kereta api (KA) tujuan Stasiun Pasar Senen Jakarta.

Adapun enam kereta api yang dibatalkan keberangkatannya adalah KA 127/128 (Anjasmoro) relasi Jombang – Pasarsenen PP, KA 109/110 (Singasari) relasi Blitar – Pasarsenen PP, dan KA 117/118 (Brantas) relasi Blitar – Pasarsenen PP.

Selain itu, pembatalan juga diberlakukan pada KA 71 (Bima) relasi Surabaya Gubeng – Gambir, KA 72 (Bima) relasi Gambir – Surabaya Gubeng, dan KA 293 (Kahuripan) relasi Blitar – Kiaracondong Bandung, KA 294 (Kahuripan) relasi Kiaracondong Bandung-Blitar, per tanggal 24 April 2020 sampai dengan 30 April 2020.

“Jadi total perjalanan KA yang dibatalkan menjadi 44 KA,” ujar Manager Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, Kamis (23/4/2020).

“Bagi penumpang yang sudah terlanjur memesan tiket pada tanggal yang sudah ditentukan, bisa dilakukan pembatalan secara online melalui aplikasi KAI Access, bea tiket dikembalikan 100 persen dan uang pembatalan akan dibayarkan dalam waktu 30-45 hari secara transfer,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pembatalan perjalanan KA adalah sebagai wujud PT KAI dalam mendukung pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).  Dalam hal ini PT KAI secara umum dan khususnya Daop 7 Madiun telah melakukan protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Imbas dari pandemi Covid-19 ini membawa pengaruh pada penurunan jumlah penumpang setiap harinya berkisar kurang lebih 90 persen. Seperti diketahui sebelumnya, pihak PT KAI juga telah membatalkan perjalanan kereta api sebanyak 34 dari daop lain yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun.

Sementara itu, di Stasiun Besar Kediri hingga saat ini tim gabungan dari Satpol PP, Dinas Kesehatan, TNI – Polri masih terus melakukan pemeriksaan kesehatan bagi penumpang luar daerah yang datang ke Kota Kediri. Mereka yang turun dari stasiun langsung dibawa ke Gedung Observasi Poltek di Jalan Mayor Bismo untuk dilakukan pemeriksaan. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.