Presiden Terima Komitmen Investasi untuk Industri Digital dan Teknologi

Yovie Wicaksono - 29 July 2019
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan delegasi SoftBank, Grab, dan Tokopedia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (29/7/2019). Foto : (BPMI Setpres)

SR, Jakarta – Presiden Joko Widodo menerima kunjungan delegasi SoftBank, Grab, dan Tokopedia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (29/7/2019), sekira pukul 09.40 WIB.

CEO SoftBank, Masayoshi Son yang ditemui selepas pertemuan mengatakan, pihaknya telah berinvestasi di Indonesia sejumlah USD 2 miliar dan berkomitmen untuk meningkatkan jumlah investasi ke depannya.

“Kami telah menginvestasikan USD 2 miliar di Indonesia. Kami akan menginvestasikan USD 2 miliar lagi untuk investasi baru dan teman saya, Menteri Luhut, meminta saya untuk menambah lebih banyak. Jadi, saya ingin berinvestasi lebih banyak lagi,” ucapnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

SoftBank sendiri siap mengucurkan dana investasi sebesar lebih dari USD 100 miliar melalui program Vision Fund tahap kedua. Program tersebut nantinya akan membiayai sejumlah perusahaan teknologi di berbagai negara.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, SoftBank berminat untuk mengucurkan investasi dalam mengembangkan kendaraan listrik beserta sarana pendukungnya di Indonesia.

“Pak Masayoshi ingin berinvestasi lebih banyak di Indonesia terutama mengenai mobil listrik, baterai litium, dan beberapa platform lainnya,” ujarnya.

Investasi pengembangan kendaraan listrik tersebut, lanjut Luhut, nantinya akan berupa pengembangan satu ekosistem industri di Indonesia. Ia memperkirakan pengembangan ekosistem akan dapat diselesaikan dalam waktu tiga tahun setelah pelaksanaan.

“Jadi satu ekosistem yang akan dibangun. Mulai dari pembangunan baterai litiumnya, sepeda motornya, electric vehicle-nya, sampai juga tadi charging station-nya,” tuturnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.