Presiden Jokowi Sampaikan Tantangan Indonesia di Rapim TNI-Polri

Yovie Wicaksono - 28 February 2024

SR, Jakarta – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan mengenai tantangan global yang berdampak signifikan pada perekonomian bangsa. Disampaikan bahwa politik dunia sulit dihitung dan dikalkulasi.

“Patut kita syukuri dengan krisis dunia dan ketidakpastian ekonomi, namun perekonomian kita cukup kokoh. Indonesia masuk 3 besar yang perkembangan ekonominya baik,” ujar Presiden Jokowi pada Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Jokowi juga meminta seluruh pihak agar terus hati-hati dan waspada, karena ke depan kondisi global semakin kompleks dan semakin tidak jelas. Oleh sebab itu, pemanfaatan teknologi dalam perang konvensional dan perang siber akan semakin meningkat.

“Oleh sebab itu, TNI Polri harus berani masuk dalam hal-hal yang berkaitan dengan teknologi. Pesawat tempur perlu, tank masuk perlu, namun perlu hati-hati dengan penggunaan drone,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo juga menyematkan pangkat Jenderal Kehormatan Bintang Empat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subiyanto. Hal ini berdasarkan Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari.

“Ini sebagai bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada bangsa dan negara,” katanya.

Sementara itu, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto berharap agar sinergitas TNI dan Polri tetap terus terjaga untuk pertahanan dan keamanan Republik Indonesia.

“Untuk Bapak Menhan, Pak Prabowo, saya ucapkan selamat,” kata Hadi.

Hadir dalam Rapim tersebut Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Staf Tiga Matra TNI (AD, AL, AU), Wamenhan, dan Ketua Komisi I DPR. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.