Presiden Dukung Vaksinasi dari Rumah ke Rumah

Yovie Wicaksono - 15 July 2021
Ilustrasi Vaksin Covid-19. Foto : (REUTERS)

SR, Jakarta – Presiden Joko Widodo mendukung adanya program vaksinasi dari rumah ke rumah atau door to door dengan mendatangi rumah warga yang ingin segera mendapatkan suntikan vaksin. Program vaksinasi dari rumah ke rumah ini dinilai bagus oleh Presiden karena dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas.

“Bagus. Door to door ini bagus artinya kita mendatangi dari rumah ke rumah yang ingin vaksin segera disuntik. Saya kira program dari rumah ke rumah ini bagus sekali. Terima kasih juga untuk Ketua RT yang juga telah ikut berpartisipasi mendorong warganya agar ikut vaksinasi,” ucap Presiden saat berdialog dan meninjau acara vaksinasi untuk pelajar dan vaksinasi dari rumah ke rumah melalui konferensi video pada Rabu (14/7/2021).

Badan Intelijen Negara (BIN) turut mendukung program vaksinasi dari rumah ke rumah dengan mengikutsertakan tenaga medis dari BIN mendatangi perumahan warga di Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo. Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri BIN, Mayjen TNI Agoes Joesni mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mencari dan mendeteksi masyarakat yang berkeinginan untuk segera mendapatkan vaksin tetapi terhambat jarak atau administrasi lainnya.

“Ternyata jumlahnya lumayan banyak, di RT 06 ada 400 warga. Sebanyak 200 orang sudah vaksin, sedangkan 200 lainnya masih kami cari satu per satu yang berniat untuk di vaksin,” ujar Mayjen TNI Agoes Joesni.

Mayjen TNI Agoes Joesni juga melaporkan bahwa dengan adanya program vaksinasi dari rumah ke rumah, BIN berkesempatan untuk memberikan bantuan sosial kepada masyarakat berupa sembako dan vitamin secara lengkap. Selain itu, melalui program ini pendataan bagi masyarakat yang memiliki penyakit bawaan juga dilakukan.

“Di RT 06 ini ternyata sebagian besar masyarakat penyakitnya hipertensi dan diabetes. Ini yang menghalangi beberapa orang tidak bisa melaksanakan vaksinasi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga melakukan dialog dengan warga dan Ketua RT 06/RW 07 Kelurahan Cijantung. Kepala Negara mengucapkan terima kasih dan meminta Ketua RT terus mendorong warga untuk segera di vaksin.

“Berapa banyak yang di vaksin Pak RT?” tanya Presiden.

“Untuk hari ini, baru ada sekitar 40 warga pak, yang hari ini saja. Tapi kita masih terus jalan pak. Yang sudah di vaksin sekitar 200 warga, tapi berhubung adanya penyakit yang diabetes sama darah tinggi, sehingga masih menunggu dulu biar agak sembuh dulu sampai baru bisa di vaksin kembali,” jawab Ketua RT 06.

“Baik Pak RT terima kasih. Jadi tolong didorong terus warganya untuk mengikuti program vaksinasi sebanyak-banyaknya. Terima kasih Pak RT,” ujar Presiden.

Sementara itu, di hari yang sama Polda Jatim juga meluncurkan 29 unit ambulans vaksinasi Presisi. Ambulans khusus itu ditugasi khusus untuk melayani vaksinasi Covid-19 secara door to door atau langsung mendatangi rumah warga di seluruh wilayah Jawa Timur.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta menjelaskan, launching ambulans vaksinasi presisi door to door itu sebagai bentuk Bhakti Kesehatan Bhayangkara untuk Negeri oleh Polda Jatim. Dimana dalam pelaksanaan penanggulangan Covid-19 ada tiga hal yang dilakukan pemerintah bersama TNI dan Polri. Pertama, pelaksanaan PPKM Darurat, kedua Operasi Yustisi dan ketiga pelaksanaan vaksinasi.

“Program ini dinamakan vaksinasi door to door yang dilaksanakan bersama oleh tiga pilar, yakni Pemprov, TNI dan Polri. Total ada 29 kendaraan ambulans yang masing-masing berisi 4 personel tenaga kesehatan,” kata Kapolda Jatim.

Adapun sasaran vaksinasi door to door itu adalah masyarakat yang belum tersentuh program vaksinasi, terutama daerah pinggiran. Mekanismenya, tim akan datang mencari masyarakat dan keluarga yang belum mendapatkan vaksin.

Kegiatan itu, kata dia, akan berlangsung sampai stok vaksin habis. Sementara itu untuk setiap tim dengan satu kendaraan ambulans ditargetkan 50-100 vaksin per harinya dan pelaksanaannya dimulai pada Rabu (14/7/2021). (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.