Polisi Siapkan Skema Khusus Urai Kemacetan Tol Pandaan-Malang

Fena Olyvira - 7 June 2019
Gerbang tol Pandaan. Foto : (Kementerian PUPR)

SR, Malang – Kepolisian Resor Malang menyiapkan skema khusus untuk mengurai kemacetan yang terjadi di tol Pandaan-Malang, khususnya untuk arus kendaraan yang menuju wilayah Malang Raya.

Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Tarjawali) Satlantas Polres Malang, Jawa Timur, Ipda Achmad Taufik menjelaskan skema khusus berupa pengalihan arus lalu lintas akan diterapkan jika volume kendaraan terus bertambah dan menyebabkan kemacetan yang cukup parah.

“Kami siapkan pengalihan arus jika kemacetan dari gerbang tol Singosari hingga Bundaran Singosari. Kami berkoordinasi dengan Patroli Jalan Raya (PJR),” kata Taufik kepada Antara di gerbang tol Singosari, Kabupaten Malang, Jumat (7/6/2019).

Pengalihan arus tersebut dilakukan dengan cara mengarahkan kendaraan yang melintas di Tol Pandaan-Malang untuk keluar di Patal Lawang, Kabupaten Malang.

Para pengguna kendaraan tersebut bisa melanjutkan perjalanan melalui jalan arteri Lawang-Singosari, menuju wilayah Kota Malang atau Kota Batu.

Menurut Taufik, hingga saat ini belum ada rencana untuk menerapkan skema pengalihan arus tersebut, karena meski terjadi kemacetan, sejauh ini masih bisa dilakukan pengaturan lalu lintas kendaraan.

Namun, katanya, jika volume kendaraan terus mengalami peningkatan, pihak Satlantas Polres Malang akan berkoordinasi dengan PJR untuk menerapkan skema pengalihan arus kendaraan melalui Patal Lawang.

“Hari ini belum ada pengalihan arus, dan kami berkoordinasi dengan PJR. Kemarin kami koordinasi, keluar Patal Lawang. Jika hari ini kepadatan juga tinggi, skenario tersebut akan dilakukan,” ujar Taufik.

Sementara itu, PT Jasa Marga Pandaan-Malang beberapa waktu lalu menyatakan bahwa jika kepadatan arus lalu lintas khususnya di gerbang tol Singosari terus mengalami peningkatan hingga di luar kapasitas, pihaknya akan mengoperasikan secara fungsional ruas 4 tol Pandaan-Malang.

Pengoperasian secara fungsional Seksi 4 Tol Pandaan-Malang tersebut hanya bisa dilakukan hingga pukul 17.00 WIB. Seksi 4 Tol Pandaan-Malang masih dalam tahap penyelesaian, namun, terkait dengan proses pengerasan jalan, pada seksi tersebut sudah rampung 100 persen, sehingga bisa dioperasikan dengan pengawasan dan aturan lebih ketat.

Sekedar informasi, Tol Pandaan-Malang memiliki panjang 38,5 kilometer, yang terbagi dengan lima seksi. Untuk seksi 1, Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,5 kilometer, seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 kilometer, seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 kilometer.

Kemudian, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 kilometer, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 kilometer. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.