Peringati Hari Bumi, Sampah Ditukar Bibit Pohon

Yovie Wicaksono - 21 April 2019
Masyarakat menukarkan sampah dengan bibit pohon, di Car Free Day Kediri, Minggu (21/4/2019). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada Senin (22/4/2019), sejumlah pemuda yang tergabung dalam Mahasiswa Pecinta Alam Lintas Universitas se-Kediri menggelar kegiatan tukar sampah dengan bibit pohon di Car Free Day, sepanjang  jalan raya pertokoan Doho, Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (21/4/2019) pagi.

Bayu Tri Aji Wibisono mengatakan, kegiatan ini digelar untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat agar lebih mencintai kebersihan lingkungan sekitarnya, membuang sampah pada tempatnya, sekaligus  memberikan pemahanan tentang pentingnya keberadaan pohon sebagai paru-paru bumi.

“Dalam rangka memperingati Hari Bumi 2019, kebetulan ada Car Free Day disini, jadi kita lakukan sosialisasi kesadaran membuang sampah pada tempatnya, penanaman pohon, terus ada penukaran sampah dengan bibit pohon, terus ada musiknya juga untuk menghibur masyarakat,” ujarnya.

Bayu menjelaskan, jumlah bibit pohon yang diberikan kepada masyarakat sebanyak 180 buah. Ratusan bibit ini diterimanya  dari salah seorang pegiat pecinta alam. Jenis bibit yang diberikan diantaranya pohon sengon, trembesi, nangka, buah-buahan, serta tanaman obat (toga). “Sampah yang ditukarkan dengan bibit pohon, kurang lebih satu kresek jenis sampah kering,” katanya.

Sampah yang terkumpul nantinya akan dipilah, dipisahkan berdasarkan jenisnya, kemudian diberikan ke bank sampah.

Pada momentum ini, Mahasiswa Pecinta Alam Alam Lintas Universitas se-Kediri juga berpesan kepada masyarakat agar tidak terlalu  berlebihan dalam penggunaan plastik.

“Harapanya agar masyarakat tidak terlalu berlebihan dalam penggunaan sampah plastik, terus sadar pentingnya untuk menanam pohon,” pungkasnya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.