Peringatan Hari AIDS Sedunia di CFD Surabaya

Yovie Wicaksono - 1 December 2019

SR, Surabaya – Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia 2019, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Timur bersama dengan berbagai mitra jaringan yang konsen pada isu kesehatan, mensosialisasikan terkait HIV/AIDS kepada pengunjung car free day (CFD) Darmo Surabaya, Minggu (1/12/2019).

Dalam acara tersebut digelar social experiment dengan melibatkan dua orang yang mengenakan topeng dengan membawa tulisan “Saya Positif HIV, Maukah Kau Berjabat Tangan Denganku?” untuk melihat respon masyarakat terhadap orang dengan HIV dan AIDS (ODHA).

“Disini kita ingin menghilangkan stigma dimasyarakat, bahwa HIV tidak bisa menular hanya dengan berjabat tangan, berpelukan atau berdekatan. Dari social experiment tadi juga masih ada beberapa orang yang tidak mau berjabat tangan bahkan menjauh,” ujar Ketua Pelaksana Acara, Dewi Suci Anggraini.

Salah satu pengunjung CFD, Shafira Aulia mengaku tidak takut atau khawatir untuk berjabat tangan dengan ODHA, karena ia mengerti bahwa HIV tidak menular hanya dengan berjabat tangan.

Selain social experiment juga digelar live music, flashmob, penandatanganan petisi, sharing is caring bersama narasumber, tari tradisional, long march serta layanan voluntary counselling and testing (VCT) gratis dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.