Penutupan KBS Diperpanjang

Yovie Wicaksono - 1 April 2020
Ilustrasi Kebun Binatang Surabaya. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Penutupan sementara Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) selama dua pekan sejak Selasa (17/3/2020) hingga Minggu (29/3/2020), kini diperpanjang hingga 5 April 2020.

“Iya sampai tanggal 5 April 2020, tapi tetap menunggu perkembangan,” ujar Humas PDTS KBS, Wini Hustiani kepada Super Radio, Rabu (1/4/2020).

Penutupan tersebut dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Pihak pengelola memanfaatkan waktu tersebut untuk beberapa hal, diantaranya memberi waktu istirahat pada satwa, pemeliharaan kandang, dan pemeriksaan mendalam terkait kesehatan satwa.

“Kegiatan untuk mengistirahatkan satwa-satwa yang kemarin secara penuh mereka melakukan kegiatan showcase kepada pengunjung, nah mereka sekarang kita beri kesempatan untuk beristirahat, lebih banyak dan sering dimandikan, dilakukan pengecekan kesehatannya dari dokter hewan yang ada di KBS,” ujar Direktur Utama PDTS KBS, Chairul Anwar.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh titik, khususnya di depan kandang per satu jam sekali.

Para karyawan KBS tetap beraktivitas seperti biasa dengan memberlakukan sistem piket.

Chairul Anwar mengatakan, sebelum adanya wabah virus corona, pihak KBS telah melakukan langkah-langkah preventif terkait dengan pencegahan adanya wabah penyakit.

Langkah ini untuk kepentingan satwa maupun untuk kepentingan sumber daya manusia di KBS.

“SOPnya kita sudah punya, baik itu untuk penanganan terhadap satwa khususnya, kemudian untuk karyawan, tenant, pengunjung, wahana, juga lingkungan yang terkait dengan infrastruktur supportingnya. Jadi ini bukan hal yang baru, hanya setelah adanya wabah virus corona ini kita lebih meningkatkan kewaspadaan lagi,” ujarnya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.