Pemprov Jatim Luncurkan Aplikasi Self Checkup Covid-19

Yovie Wicaksono - 18 March 2020
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat menunjukkan aplikasi JATIM TANGAP COVID-19 dihadapan wartawan, Rabu (18/3/2020) malam di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Foto : (JNR)

SR, Surabaya – Guna memudahkan masyarakat Jawa Timur melakukan deteksi dini mengenali gejala-gejala tentang indikasi terserang Covid-19 dan mewaspadai penyebarannya, Pemprov Jawa Timur meluncurkan aplikasi yang dinamai JATIM TANGAP COVID-19.

Aplikasi yang dapat diakses di laman; https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/ didalamnya berisikan tentang cara mengenali diri apakah masing-masing individu termasuk katergori terjangkit virus Covid-19 atau tidak.

Dalam aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan Self Assesment, yakni alat sederhana yang bisa membantu menentukan apakah masing-masing individu sehat-sehat saja atau ada gejala yang memerlukan penilaian, pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut untuk COVID-19.

Alat Self Assesment ini diadaptasi dari Self Assesment COVID-19 dari British Columbia, Kanada. Dalam alat ini masyarakat dapat menyelesaikan penilaian ini untuk diri sendiri maupun orang lain.

Aplikasi ini telah dipamerkan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dihadapan wartawan, Rabu (18/3/2020) malam di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

“Kami akan mengkoordinasikan dengan semua unsur TNI, Polri dan semua lapisan masyarakat untuk mengoptimalkan pemanfaatan aplikasi ini agar deteksi dini mudah dilakukan masyarakat Jatim,” katanya.

Dalam aplikasi itu juga dilengkapi dengan keterangan tentang tindakan apa yang  perlu dilakukan masyarakat, jika dalam tubuhnya sedang mengalami gejala-gejala seperti penderita positif virus Covid-19.  (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.