Pemkot Medan Puji Realisasi Target PAD Kota Surabaya

Yovie Wicaksono - 25 February 2022

SR, Surabaya – Wakil Wali Kota Medan H.Aulia Rachman memuji capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surabaya yang secara optimal dan mampu meminimalisir kebocoran melalui sistem digital.

“Kami berharap bisa belajar banyak dari Pemerintah Kota Surabaya yang capaian PAD-nya sangat tinggi sehingga Target dan realisasi tidak timpang jauh,” kata Aulia Rachman yang juga Wakil dari Bobby Nasution saat melakukan kunjungan yang bertemakan Percepatan Pengembangan Aplikasi Guna Mendukung digitalisasi di Lingkungan Pemerintah Kota Medan, ke Surabaya, Kamis (24/2/2022).

Sementara itu, dalam kunjungan tersebut, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji pun membeberkan kunci keberhasilan Pemkot Surabaya dalam mencapai target PAD-nya.

“Kunci Keberhasilan Pemerintah Kota Surabaya dalam mencapai target PAD adalah satunya visi dan kesadaran kepala daerah hingga aparaturnya bahwa nanti akan dikembalikan dalam bentuk program-program kerakyatan,” kata Armuji yang didampingi oleh Sekretaris Kota Hendro Gunawan, Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Badan Pendapatan Daerah dan PT BPR Surya Artha Utama.

Armuji menyebutkan bahwa pendapatan itu bersumber dari sembilan objek pajak daerah, yakni pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak parkir, pajak air tanah, pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBBP2), serta pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

“Jadi ada aplikasi online untuk memantaunya E-SPPT serta juga dipertimbangkan aspek kewajarannya sehingga antara target dan realisasi tidak beda jauh,” kata Armuji.

Ia pun mengatakan, proyeksi realisasi sektor pajak daerah di tahun 2022 melalui pajak ditargetkan mencapai Rp 4,51 triliun. Dengan kekuatan APBD Rp 10,4 Triliun untuk mewujudkan tema Pembangunan 2022 “Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.