Pemkab Kediri Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Kelud

Yovie Wicaksono - 28 May 2021
Pemkab Kediri Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Kelud. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar simulasi penanggulangan bencana erupsi  Gunung Kelud, Kamis (27/5/2021).

Simulasi ini melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, beserta unsur TNI-Polri, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri, serta Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana.

“Kita bersama-sama DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri melakukan simulasi bencana, tentunya bekerjasama dengan BPBD dan juga berkomunikasi dengan pihak kepolisian, TNI.  Bagaimana sinergi tiga pilar tersebut, bekerja sama dengan PDI Perjuangan kalau ada bencana,” ujar Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana.

Dari pantauan yang sudah dilakukan di lokasi, ia menilai kegiatan simulasi yang dilaksanakan sudah berjalan dengan benar.

“Tadi sudah kita lihat mulai dari BPBD, Dinkes, mulai dari dapur umum kesiapanya sudah cukup sempurna,” ujarnya.

Jika pun nantinya ada warga yang menolak untuk dievakuasi, harus ada upaya paksa karena  hal ini berurusan dengan nyawa.

Selain itu, ia mengatakan, kegiatan seperti ini perlu dilakukan setiap 6 bulan sekali.

“Saya rasa kalau simulasi ini dilakukan 6 bulan sekali, artinya setahun 2 kali tidak akan ada penolakan dari warga,” katanya.

Dalam kegiatan simulasi ini Hanindhito turun langsung  meninjau, mendatangi sejumlah titik, mulai pertama dari pos pantau Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, lokasi pengungsian, dapur umum dan posko kesehatan.

“Pantauan dari pos pantau tadi nggak ada hal yang krusial, sekarang alat seismograf yang dipakai menggunakan alat digital. Bahkan kepala pos pantau tadi menyampaikan kepada saya beliau sudah 35 tahun jadi sudah faham betul,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto yang turut hadir mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen kepedulian partai terhadap penanggulangan bencana.

“Pada intinya kegiatan ini adalah peran serta PDI Perjuangan dalam penanggulangan bencana. Bencana besar di Kabupaten Kediri itu erupsi Gunung Kelud, maka yang kita lakukan untuk simulasi adalah Gunung Kelud. Ini kan gambaran jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan,” kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Kediri ini. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.