PD RPH Surya Kota Surabaya Sediakan 9 Ton Daging Sapi Selama Ramadan dan Idulfitri 2024

Yovie Wicaksono - 14 March 2024
Situasi di Rumah Potong Hewan (RPH) Pegirian Surabaya, Selasa (20/7/2021). Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di momen Ramadan dan Idulfitri 2024, Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD RPH) Surya Kota Surabaya menyediakan 9 ton daging sapi.

Direktur Utama PD RPH Surya Fajar A Isnugroho mengatakan, sebanyak 9 ton daging sapi yang disediakan oleh PD RPH Kota Surabaya itu terdiri dari 4 ton untuk memenuhi permintaan pasar hingga akhir Maret 2024 dan 5 ton lainnya untuk April 2024.

Fajar menyebut, selama momen Ramadan RPH turut memasok daging untuk program Gerakan Pangan Murah yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, pada 23-24 Maret 2024.

Selain itu RPH juga menggelar Obral Daging Keliling di beberapa Pasar Tradisional di Surabaya mulai 3-6 April 2024,” ujarnya.

Beberapa pasar sudah ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan program Obral Daging Keliling, diantaranya Pasar Tambahrejo, Pasar Genteng, Pasar Pucang, dan Pasar Manukan.

“Kami ingin memastikan masyarakat mendapatkan daging sapi berkualitas dengan harga ramah yang terjamin Aman Sehat Utuh dan Halal atau ASUH,” terangnya.

Sementara, berdasarkan hasil pantauan tim pengawas internal PD RPH Kota Surabaya rata-rata harga daging sapi masih relatif stabil, yakni berkisar Rp115 ribu hingga Rp120 ribu per kilogram untuk kelas satu.

“Sedangkan daging kelas dua dijual Rp110 ribu-Rp115 ribu per kilogram. Biasanya kenaikan harga sebesar Rp5 ribu-Rp10 ribu per kilogram terjadi pada sepekan sebelum lebaran dan itu lumrah,” kata Fajar.

Kemudian untuk pasokan sapi hidup masih dalam kondisi aman, setidaknya hingga perayaan Idulfiri. Rata-rata setiap harinya RPH Surabaya mampu memotong 178 ekor sapi. Namun mendekati momen lebaran, jumlah pemotongan meningkat hingga mencapai 300 ekor.

“Sehingga diharapkan tidak sampai terjadi inflasi untuk daging sapi di Surabaya karena pasokan sapi mencukupi kebutuhan warga Surabaya selama Ramadan sampai Idulfitri,” pungkas Fajar. (*/red)

Tags: ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.