Pakaian Manten Pegon Dikenakan Cak Eri-Rini di Surabaya Vaganza,

Rudy Hartono - 26 May 2024
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi beserta sang istri Rini Indriyani tampak mengenakan kostum manten pegon di gelaran Surabaya Vaganza, Minggu (26/5/2024). (foto: hamidiah kurnia/super radio)

SR, Surabaya – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi beserta sang istri Rini Indriyani tampak mengenakan kostum manten pegon di gelaran Surabaya Vaganza, Minggu (26/5/2024).

Bukan tanpa alasan, Ketua Tim Penggerak (TP) Kota Surabaya, Rini Indriyani mengungkapkan, kostum tersebut sengaja dipakai guna mengenalkan pakaian adat khas Surabaya ke khalayak publik.

“Pegon ini memang memperkenalkan bahwa surabaya itu punya baju adat manten khas Surabaya. Ini yang berusaha kita kenalkan, agar kalau menikah masih pakai pegon,” ujarnya.

Menurutnya, pegon perlu mendapat perhatian lebih, apalagi baju manten pegon merupakan kostum asli kota Pahlawan yang sudah dipatenkan.

Adapun, melansir Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Surabaya, istilah manten pegon berasal dari bahasa Jawa yakni manten yang artinya pernikahan sedangkan pegon berasal dari kata pego yang artinya serong.

Kostumnya pun unik. Tampak mulai dari ujung kepala hingga bentuk baju, ada perpaduan empat budaya yakni Jawa, Belanda, Arab, dan Tionghoa.

“Itu waktu milihnya suatu perdebatan karena bapak di perjalanan kan suka turun naik menyapa warga, tapi menurut kami ini momen yang pas untuk mengenalkan pegon ini ke seluruh warga Surabaya,” ucapnya.

Ditanya terkait cara pelestarian, Rini menjawab akan dilakukan berbagai upaya. Salah satunya modifikasi kostum agar lebih kekinian tanpa menghilangkan ciri khasnya.

“Upayanya akan kita coba kolaborasi agar disenangi warga kota Surabaya, sehingga mungkin kita modifikasi kebayanya tapi tidak menghilangkan ciri khas dari pegon nya,” tuturnya.

Ia pun berharap, baju manten pegon menjadi tren pernikahan, khususnya untuk anak muda Surabaya.

“Untuk warnapun kita sesuaikan dengan warna yang lagi hits sehingga anak muda yang akan menikah tidak merasa old saat memakai baju ini,” pungkasnya. (hk/red)

Tags: , , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.