Menlu Resmikan Gedung Pelayanan Publik Satu Atap di Abu Dhabi dan Jeddah

Yovie Wicaksono - 5 March 2019
Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia meluncurkan Gedung Pelayanan Publik Satu Atap di Abu Dhabi dan Jeddah. Foto : (Kementerian Luar Negeri RI)

SR, Jeddah – Guna meningkatkan pelayanan bagi WNI yang berada di Arab Saudi, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia meluncurkan Gedung Pelayanan Publik Satu Atap di Abu Dhabi dan Jeddah. Kedua gedung tersebut adalah pelayanan publik satu atap pertama di Perwakilan RI di Wilayah Timur Tengah yang diresmikan pada 2 dan 4 Maret 2019.

“Pelayanan publik satu atap atau pelayanan terpadu menjadi suatu kebutuhan saat ini, khususnya seperti di Arab Saudi. Pelayan terpadu juga telah dipermudah dengan kemajuan teknologi saat ini,” demikian disampaikan Menlu RI, saat meluncurkan gedung pelayanan satu atap di Jeddah, Arab Saudi.

Dengan peluncuran gedung tersebut, ke depan seluruh pelayanan publik bagi WNI dan orang asing akan dilayani di dalam satu gedung, dalam satu alur dan satu sistem pelayanan.

“Memberikan pelayanan publik yang mudah, cepat dan nyaman di Kemlu dan di Perwakilan RI adalah mimpi yang terus kami perjuangkan. Karena itu, pelayanan publik telah kami jadikan salah satu ukuran kinerja utama Perwakilan RI,” ujar Menlu Retno di depan puluhan mitra kerja Arab Saudi yang menghadiri acara peresmian gedung tersebut di Jeddah.

Sebelum adanya gedung ini, setidaknya 3 pelayanan publik yang saling terkait yaitu pelayanan kekonsuleran, pelayanan ketenagakerjaan, pelayanan keimigrasian dan pelayanan perlindungan WNI dilayani di gedung dengan sistem pelayanan yang terpisah.

Sejak 2015, Kemlu mulai membangun sistem pelayanan yang terintegrasi di seluruh Perwakilan RI. Sistem tersebut diresmikan Presiden RI pada Oktober 2018 di KBRI Seoul, Korea Selatan. Dengan selesainya sistem tersebut pada tahun 2017, sejumlah Perwakilan sudah mulai melakukan penyesuaian dengan menyiapkan infrastruktur pelayanan satu atap.

“Alhamdulillah, sejak 2018 secara bertahap Perwakilan-Perwakilan RI sudah mulai menerapkan konsep pelayanan satu atap tersebut,” tambah Menlu Retno.

Sebelum di Abu Dhabi dan Jeddah, sejumlah Perwakilan RI lainnya telah menerapkan konsep pelayanan satu atap antara lain di Konsulat RI Tawau, Malaysia, dan Konsulat Jenderal RI Chicago, Amerika Serikat. (*/red)

Tags: , , , , , , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.