Menikmati Klepon Legendaris di Kediri

Yovie Wicaksono - 30 July 2020
Foto Klepon. Foto : (123RF)

SR, Kediri – Ingin menikmati klepon? mungkin anda bisa mencoba untuk datang di Desa Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Di tempat ini ada sebuah warung yang khusus menjual jajanan tradisional, dengan menu klepon salah satunya.

Warung yang dikenal dengan nama Klepon Miroso Wonosari ini sekarang dikelola Rikani (62) yang merupakan generasi ketiga dari keluarganya.

“Saya hanya meneruskan jualan si mbah. Kalau saya, jualan mulai tahun 1970 sampai sekarang ini,” kata Rukini, Kamis (30/7/2020).

Harga jajanan klepon yang di warung Rukini, sangat ramah di saku. Per porsi dijual Rp 4000. Tidak hanya klepon saja, di warung Rukini juga tersedia cenil dan lupis.

Klepon Miroso Wonosari di Desa Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

Pelanggan warung Rukini tidak hanya dari Kediri saja. Pelanggan luar kota jika melintas di Kediri, biasanya juga mampir untuk menikmati jajanan tradisional.

Ayu Citra, salah satu pelanggan yang ditemui Super Radio mengatakan, dirinya ke warung Rukini karena bisa tau secara langsung proses pembuatan klepon. Dan, tak kalah penting adalah rasa klepon yang legit dan enak.

“Kalau disini kita bisa tahu proses pembuatannya. Yang tak kalah penting rasanya yang legit. Enak,” terangnya.

Rukini sendiri berbagi resep klepon buatannya. Menurutnya, bahan dasar yang digunakan untuk membuat klepon diantaranya tepung ketan yang diisi gula jawa. Setelah dimasak, klepon yang sudah dingin ini ditaburi kelapa parut yang masih segar. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.