Mengikis Stigma Diri dan Masyarakat Terkait Disabilitas

Yovie Wicaksono - 3 December 2020

SR, Surabaya – Hari Disabilitas Internasional 2020 yang diperingati pada Kamis (3/12/2020), mengusung tema “Not All Disabilities Are Visible” (tidak semua disabilitas bisa terlihat). Tema tersebut menyiratkan pesan bahwa tidak semua ragam disabilitas dapat disadari dan diketahui masyarakat umum.

Oleh sebab itu, dibutuhkan kepedulian dan kepekaan masyarakat terhadap insan berkebutuhan khusus. Terlebih, masih adanya stigma negatif dan diskriminasi yang kerap dialami oleh para difabel hingga saat ini.

Ketua Lingkar Sosial Indonesia (Linksos), Kertaning Tyas mengatakan, stigma negatif masyarakat tentang disabilitas maupun stigma pribadi para difabel harus dikikis guna mewujudkan kesejahteraan dan kesetaraan.

“Stigma ini harus kita kikis, baik dari diri sendiri maupun lingkungan yang masih merendahkan, merendahkan dan meremehkan para difabel. Apalagi kusta yang masih dikucilkan,” ujarnya.

Dalam mengikis stigma pribadi, pria yang akrab disapa Ken ini mengatakan, kepercayaan diri para difabel ini menjadi kendala terbesar.

Untuk itu, pihaknya memberikan wadah kepada para difabel beserta keluarganya berupa berbagai kegiatan yang mampu memunculkan kepercayaan diri sekaligus peningkatan kapasitas difabel, mulai dari membuat batik ciprat, telur asin, keset, produksi masker dan baju hazmat, hingga kegiatan pendakian yang kesemuanya bertujuan untuk memberdayakan, meningkatkan kesejahteraan, dan penghapusan stigma untuk terciptanya kesetaraan.

“Sebenarnya yang dibutuhkan teman-teman itu pengakuan bahwa mereka itu ada dan punya hak setara. Jadi mereka harus muncul dengan harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya,” tandasnya.

Melalui berbagai kegiatan tersebut, Ken melihat adanya perbedaan kepercayaan diri dari para difabel, mulai dari keberanian hingga kemampuan yang mereka miliki, sehingga timbul rasa setara dengan manusia lainnya yang mempunyai hak yang sama. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.