Mahfud MD Ajak Seluruh Pihak Dukung Kampanye Antisipasi Karhutla

Yovie Wicaksono - 6 December 2019
Menko Polhukam Mahfud MD dalam Rapat Koordinasi Gabungan Tingkat Kementerian/Lembaga tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jumat (6/12/2019). Foto : (Super Radio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama mendukung kampanye antisipasi kebakaran hutan dan lahan.

“Minta dukungan saudara-saudara untuk kampanye antisipasi (Karhutla) ke depan. Kita akan segera melaporkannya ke Presiden untuk nanti seperti biasanya Presiden akan memimpin rapat khusus mengantisipasi kebakaran hutan,” katanya usai Rapat Koordinasi Gabungan Tingkat Kementerian/Lembaga tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jumat (6/12/2019).

Mahfud MD mengaku bersyukur terkait penanganan karhutla tahun 2019 berjalan dengan baik, apalagi jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang juga punya masalah dengan kebakaran hutan dan lahan. 

“Indonesia terhitung yang paling aman meskipun kita merasakan disana sini masih ada, itu tahun 2019,” katanya. 

Menurut data BMKG yang disampaikan Prof. Dwikorita, pada 2020 mendatang diprediksi tidak akan terjadi perubahan iklim yang ekstrim. Hal ini akan lebih mudah mengantisipasi karhutla. 

“Berdasarkan evaluasi yang dilakukan tadi, Alhamdulillah cukup bagus dan cukup siap dengan beberapa catatan perbaikan ke depan, ini terutama kalau dibandingkan dengan dulu tahun 1997 yang jutaan hektar kita terbakar, sekarang nggak, tinggal tadi 950an hektar. Itu yang terjadi sebagai prestasi yang kita lakukan,” kata Mahfud MD. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.