Mahasiswa Unair Gagas Deodorant Ekstrak Bintang Laut

Yovie Wicaksono - 7 December 2022

SR, Surabaya – Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair), yakni Mesy Indriani (FPK), Aldy Kurnia Aji (FPK), Putri Salma Nabila (FPK), Jihan Aura (FV), dan Muhammad isaac (SIKIA), berhasil menggagas Deodoran Ekstrak Bintang Laut, yang diberi nama Patrick Spray.

Ketua tim, Mesy Indriani menuturkan, konsep Patrick Spray sama seperti deodoran pada umumnya. Hanya saja, bahan yang digunakan merupakan bahan yang paling aman untuk dipakai di kulit manusia, yaitu ekstrak bintang laut.

“Bintang laut memiliki kandungan flavonoid sebagai antibakteri. Flavonoid itulah yang menjadi bahan utama produk ini,” ucap Mesy, Selasa (6/12/2022).

Kandungan flavonoid dalam bintang laut, sambung Mesy, telah terbukti secara ilmiah merupakan yang paling aman digunakan di kulit manusia dengan kadar pH rentang 5–6. 

Lebih lanjut, menurut mereka, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Maka dari itu, memproduksi deodorant spray juga termasuk ke dalam memanfaatkan kekayaan alam.

Dalam produksinya, Mesy menyebutkan, satu bintang laut dapat menghasilkan lima sampai enam mililiter flavonoid. 

“Pada proses pembuatannya, awalnya bintang laut akan direbus dan di suling sehingga menghasilkan cairan yang mengandung flavonoid dan zat-zat lainnya. Selanjutnya, cairan itu akan diekstrak beberapa kali hingga tersisa flavonoidnya saja,” ujarnya.

Mesy menjelaskan, produk ini tentu tidak luput dari efek samping. Maka dari itu, ia dan tim memproduksi beberapa varian Patrick Spray dengan menyesuaikan kebutuhan kulit konsumen. 

Varian tersebut di antaranya extra whitening untuk mencerahkan kulit, dry comfort untuk kulit sensitif dan berminyak, serta varian fresh natural.

Produk Patrick Spray sendiri sudah diperjualbelikan secara daring di laman e-commerce yang dibuat oleh tim tersebut.

“Rencana ke depan kami harap dapat mengembangkan bisnis dan produk kami. Sebenarnya sudah ada yang terjual secara online tetapi kami berencana untuk mengembangkannya lebih baik lagi dari segi produk maupun pemasaran dan penjualan,” imbuhnya.

Sekadar informasi, berkat inovasi tersebut, tim Patrick Spray berhasil meraih medali perunggu kategori poster dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2022. (*/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.