Liga Muslim Dunia Puji Toleransi di Indonesia

Yovie Wicaksono - 27 February 2020
Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan Sekjen Liga Muslim Dunia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/2/2020). Foto : (Biro Pers Presiden)

SR, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Rabitah Al-Alam Al-Islami atau Liga Muslim Dunia, Sheikh Mohammed Abdulkarim Al-Essa mengapresiasi berbagai langkah dan inisiatif yang dilakukan oleh Indonesia untuk memajukan Islam yang moderat dan terbuka serta berorientasi pada kemajuan.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan kunjungan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/2/2020), dalam rangka silaturahmi dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sekaligus menyampaikan program serta harapan mereka kepada Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Liga Muslim Dunia juga memandang Indonesia sebagai negara yang menjadi contoh bagi negara-negara Islam lainnya di mana mengedepankan semangat toleransi dan kebersamaan di tengah masyarakatnya.

“Satu hal yang kami observasi dari Indonesia adalah dengan adanya banyak keragaman tapi tetap mampu untuk bersatu. Kami negara Islam lainnya ingin mencontoh hal tersebut dari Indonesia,” ujar Mohammed.

“Kami memohon kepada Indonesia untuk selalu berbagi dan menyampaikan nilai-nilai mulia tersebut ke berbagai mitra Indonesia,” imbuhnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, yang mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut mengungkapkan bahwa Sekjen Liga Muslim Dunia juga menyinggung soal kekuatan ekonomi Indonesia yang di masa mendatang akan masuk dalam lima besar ekonomi dunia.

“Ada Amerika, Tiongkok, Rusia, India, dan Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa besarnya peranan Indonesia di dunia itu secara otomatis juga menandakan peranan Islam di dunia karena Indonesia ini negara yang penduduk muslimnya terbesar,” tuturnya.

Presiden Joko Widodo sendiri memberikan penghargaan dan apresiasi yang sama bagi Liga Muslim Dunia atas peran mereka menyebarkan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil’alamin di dunia internasional.

Mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut ialah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Fahrul Razi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.