Libur Maulid Nabi, Pelanggan KA Tujuan Surabaya Meningkat

Rudy Hartono - 15 September 2024
Ilustrasi - Penumpang dengan tertib memasukkan koper dan bawaan ke kabin kereta api yang lega. Kereta api menjadi pilihan ekonomis bepergian jarak jauh

SR, Surabaya – Selama libur Panjang akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Besar Maulid Nabi Muhammad SAW, KAI Daop 8 Surabaya mencatatkan peningkatan signifikan pelanggan yang datang di seluruh stasiun wilayah operasionalnya. Berdasarkan data pada Minggu (15/9) pukul 10.00 wib, berikut adalah data volume kedatangan pelanggan mulai 13 – 15 September 2024 :

– Jumat (13/9) : 19.596 pelanggan;

– Sabtu (15/9) : 21.922 pelanggan;

– Minggu (16/9) : 18.603 pelanggan.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan bahwa pada libur panjang mulai 13 – 16 September tercatat 60.121 pelanggan. Jumlah ini meningkat 26 persen atau 12.364 pelanggan dibanding periode 6 – 8 September 2024.

“Para pelanggan didominasi oleh KA jarak jauh dari Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi,” ungkapnya.

Berikut data pelanggan tujuan Daop 8 Surabaya berdasarkan 3 stasiun favorit, pada Jumat (13/9) s/d Minggu (15/9) :

Jumat (13/9)

– Stasiun Surabaya Pasarturi : 6.160 pelanggan;

– Stasiun Surabaya Gubeng : 5.204 pelanggan;

– Stasiun Malang : 3.953 pelanggan.

Sabtu (14/9)

– Stasiun Surabaya Pasarturi : 6.328 pelanggan;

– Stasiun Surabaya Gubeng : 5.992 pelanggan;

– Stasiun Malang : 4.706 pelanggan.

Minggu (15/9)

– Stasiun Surabaya Gubeng : 5.542 pelanggan;

– Stasiun Surabaya Pasarturi : 5.177 pelanggan;

– Stasiun Malang : 3.251 pelanggan.

Sementara itu, pelanggan KA Jarak jauh yang berangkat pada Sabtu (14/9), tercatat 24.751 pelanggan, meningkat 62 persen atau 9.454 pelanggan dibanding periode yang sama minggu sebelumnya.

Sedangkan, pelanggan KA jarak jauh yang berangkat pada Jumat (13/9) tercatat sebanyak 3.878, meningkat 31 persen atau naik 921 pelanggan dibanding minggu sebelumnya.

“Pada libur panjang ini mulai 13-16 September 2024, KAI Daop 8 Surabaya mencatat 83.276 pelanggan, meningkat 30 persen atau 18.991 pelanggan dibanding minggu sebelumnya. Data ini masih akan terus bertambah karena penjualan tiket masih terus berlangsung,” ungkapnya.

Pada libur panjang akhir pekan ini setiap harinya KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 10 KA jarak jauh dan 2 KA lokal komersial tambahan, yang mampu mengakomodir 6.046 tempat duduk setiap harinya.

“KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap kereta api sebagai moda transportasi pilihan untuk melakukan mobilisasi,” pungkas Luqman Arif.  (*/red)

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.