Lestarikan Seni dan Budaya Lokal Melalui Banyuwangi Culture Everyday

Yovie Wicaksono - 18 January 2020
Banyuwangi Culture Everyday di Taman Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (17/1/2020) malam. Foto : (Istimewa)

SR, Banyuwangi – Bupati Abdullah Azwar Anas meluncurkan Banyuwangi Culture Everyday di Taman Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (17/1/2020) malam.

Anas mengatakan, Banyuwangi Culture Everyday menjadi salah satu upaya melestarikan seni dan budaya lokal dengan menghadirkan beragam atraksi seni dan tradisi yang bisa menjadi tontonan menarik bagi wisatawan. 

“Banyuwangi Culture Everyday akan menjadi atraksi wisata yang menarik bagi wisatawan. Setiap malam akan hadir beragam seni budaya lokal yang ditampilkan dengan menarik,” kata Anas saat meluncurkan even. 

Selain itu, Banyuwangi Culture Everyday merupakan sarana edukasi sekaligus panggung bagi pelajar daerah untuk menampilkan minat dan bakatnya. Karena talent pertunjukkan tersebut merupakan pelajar dari tingkat SD hingga SMA baik dari sekolah negeri, swasta hingga sekolah berbasis komunitas agama. 

Anas menambahkan, event ini juga menjadi wadah bagi pelajar untuk mengaktualisasikan potensi seni dan kreatifitas mereka, sekaligus menjadi wadah untuk mengasah jiwa inklusi yang bersahabat dengan keragaman. 

“Di sini mereka akan bertemu hingga berkolaborasi dengan teman-teman sebaya dari beragam ras, suku dan agama yang ada di Banyuwangi,” ujar Anas.

Pertunjukkan perdana Banyuwangi Culture Everyday ini menampilkan beragam talenta para pelajar seperti Tari Kreasi Nggayuh Swargane Urip, Fashion Show Batik karya Pelajar, Paduan Suara, Tari Rampak Kuntul dan Tari Barong.

Acara berlangsung di Lorong Bambu yang merupakan spot instagramable terbaru di area kota. Lorong bambu ini merupakan instalasi seni berupa terowongan yang terbuat dari ornamen bambu yang dilengkapi membran yang menutupi atapnya. Sangat unik. Pertunjukkan Banyuwangi Culture Everyday akan berlangsung selama satu tahun, tiap Senin hingga Jumat. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.