KSP Gelar Rakor Persiapan Arus Mudik 2019

Yovie Wicaksono - 26 April 2019
Rakor Persiapan Arus Mudik 2019 di Gedung Bina Graha, Jumat (26/4/2019). Foto : (Humas KSP)

SR, Jakarta – Kantor Staf Presiden (KSP) menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan arus mudik 2019 di Gedung Bina Graha, Jumat (26/4/2019), sebagai tindaklanjut perintah Presiden Jokowi untuk menyediakan pelayanan mudik 2019 yang aman, nyaman, dan lancar, serta upaya memastikan kelancaran arus mudik 2019.

“Hari ini kita membahas sisi kelancaran dan pengamanan para pemudik. Saya telah membentuk tim dan mulai minggu ini tim sudah bekerja turun ke lapangan memeriksa titik-titik rawan dan mengurai permasalahan-permasalahan di lapangan,” ujar Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Darmawan Prasodjo yang ditugaskan Moeldoko untuk mengoordinasikan sinergi antarkementerian dan lembaga menyambut mudik 2019 menegaskan, peningkatan arus kendaraan akan berlangsung sejak akhir Mei hingga awal Juni 2019. Puncaknya diperkirakan akan terjadi pada 31 Mei 2019.

“Sesuai amanat Bapak Presiden Jokowi, pelaksanaan arus mudik harus meningkat dan lebih baik dari tahun ke tahun. Apalagi, sekarang jalan tol Trans Jawa sudah tersambung. Kita akan fokus memastikan pelaksana di lapangan, kontraktor, dan pengelola jalan tol bekerja mati-matian untuk memberikan kenyamanan dan kelancaran untuk para pemudik,” ujar Darmawan.

Kelancaran arus mudik tidak hanya berpengaruh terhadap kenyamanan masyarakat yang menggunakan jalan raya, tetapi juga dapat mendorong pergerakan ekonomi di sektor riil di banyak sentra-sentra bisnis di daerah. “Terutama sentra-sentra industri kecil UMKM dan pariwisata,” tandas Darmawan.

Sekedar informasi, rakor di Istana tersebut dipimpin oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menteri Kominfo Rudiantara, dan dihadiri oleh para dirjen dan direktur di Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, Kepolisian RI, serta para direktur utama/direktur BUMN yang terkait dengan bidang transportasi dan energi.

Pemerintah sebelumnya juga sudah menggelar rakor untuk menyambut Lebaran 2019 yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator bidang Perekonomian dan Kementerian Perhubungan. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.