Khidmat Rangkaian Kirab Tumpeng Nusantara

Yovie Wicaksono - 29 August 2022

SR, Mojokerto – Rasa rindu masyarakat Mojokerto terhadap acara desa seolah terobati pada Minggu, (28/8/2022). Di sana, tepatnya di kawasan Dusun Biting, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, tampak ratusan warga dari 20 RT dengan senyum sumringah mengikuti rangkaian acara Kirab 1000 Tumpeng Nusantara.

Acara tersebut diawali dengan kirab 1000 tumpeng sekaligus kirab bendera 100 meter dari warung Sri Rahayu menuju area Bumi Perkemahan Petirtaan Jolotundo. Meski jarak yang ditempuh cukup jauh dan menanjak, namun mereka tetap semangat berjalan sembari menyunggi tumpeng masing-masing.

“Memang agak capek karena jalannya sambil nyunggi tumpeng, tapi saya senang soalnya kita bisa ada acara gini, apalagi tadi juga ada musik gamelannya,” kata Ami Agustin, salah satu warga RT 2.

Ia mengaku senang dan berharap acara seperti ini akan terus ada di desa mereka. “Suka saya senang, gak kapok kalau harus ikut lagi, semoga ada acara lagi,” ujarnya.

Tak berhenti disitu, kekhidmatan acara  masih berlanjut hingga malam hari. Menjelang malam, anggota Yayasan Nusantara Kita sebagai penyelenggara acara bersama para sesepuh menuju petirtaan Jolotundo untuk melaksanakan Ruwatan Nagari.

Macam-macam air dari berbagai sumber di Nusantara dikumpulkan untuk disatukan dengan petirtaan Jolotundo, dengan tujuan untuk kedamaian Indonesia.

“Sore jam 5 menjelang malam, kita ambil waktunya lingsir wengi, kita pakai untuk doa di atas dengan beberapa sesepuh,” kata Ketua Yayasan Nusantara Kita, Ida Widyastuti.

Pendiri Paseban Sekar Kinasih itu, sengaja memilih petirtaan Jolotundo karena menurutnya dari sanalah perjalanan Indonesia bermula. “Air Jolotundo karena disinilah dasar dari perjalanan republik Indonesia ini ada,” ucapnya.

“Prosesinya kita satukan airnya, kita doa bersama kemudian dari berbagai daerah ini kita kirim satu botol air yang sudah tercampur, nanti disatukan dengan air di sana,” imbuhnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.