Kemeriahan Barikan Anak Nusantara di Alun-alun Malang

Yovie Wicaksono - 17 August 2022

SR, Malang – Ratusan anak-anak dari berbagai elemen, kompak mengenakan pakaian bernuansa merah putih hingga baju tradisional dalam acara Barikan Anak Nusantara di Alun-alun Kota Malang, Selasa (16/8/2022).

Mereka juga menyanyikan beberapa lagu nasional bersama sambil mengibarkan bendera merah putih berukuran kecil yang ada di genggaman tangan mereka.

Ketua Pelaksana Acara, Ahmad Mas Udin mengatakan, seperti nama acaranya, yakni barikan, kegiatan ini sebagai bentuk syukur atas kemerdekaan Indonesia sekaligus kembali mengenalkan dan menanamkan rasa cinta tanah air kepada masyarakat, utamanya anak-anak.

“Jika selama 2 tahun ini anak-anak jarang upacara karena covid atau jarang mendengarkan lagu kebangsaan, maka hari ini kita kenalkan lagi rasa cinta Tanah Air kepada mereka, ” ujarnya.

“Jadi lebih kepada bagaimana memeriahkan dan mengisi kemerdekaan tanpa melihat latar belakang, semua berhak mengisi kemerdekaan. Mari bersama-sama merayakan HUT ke-77 RI ini,” sambung Ahmad.

Koordinator Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKAUB) Malang selaku penyelenggara acara, Pastur J.C Eko Atmono, Pr mengatakan, melalui acara ini pihaknya ingin mewariskan tradisi barikan kepada anak-anak Malang sekaligus memelihara semangat kebangsaan dan keberagaman, serta sebagai upaya menangkal radikalisme sejak usia dini.

“Dengan srawung ini kami menanamkan nilai keberagaman dan menangkal radikalisme sejak usia dini,” ujarnya.

Salah satu peserta acara, Niluh Yudharma Putri dari Santika Dharma Malang mengaku senang dan antusias bisa mengikuti kegiatan tersebut.

Ia bersama 7 rekannya nampak serasi mengenakan pakaian kebaya yang biasa ia gunakan untuk sembahyang.

“Pastinya senang, karena baru pertama kali ikut acara seperti ini. Dari sini kita juga bisa menunjukkan kerukunan, kedamaian, dan menghormati satu sama lain,” pungkas siswi kelas 8 ini.

Sekadar informasi, acara ini diikuti oleh lebih dari 25 organisasi lintas agama yang ada di Kota Malang dengan berbagai pertunjukan acara mulai dari barongsai, tari tradisional, hingga orasi kebangsaan. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.