Kementerian PUPR Telah Selesaikan Pembangunan Fasilitas di Pulau Gadang

Yovie Wicaksono - 7 April 2020
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. Foto : (Istimewa)

SR,  Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan fasilitas observasi/penampungan/karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular, utamanya Covid-19 (Corona) di Pulau Gadang,  Kota Batam, Kepulauan Riau. 

Pembangunan fasilitas tersebut dibagi menjadi 3 Zonasi, yakni Zona A (Renovasi Eks Sinam)  meliputi gedung penunjang seperti mess petugas, dokter dan perawat, gedung sterilisasi, gedung farmasi, gedung gizi, laundry, gudang dan power house. 

Sementara Zona B meliputi fasilitas penampungan dan fasilitas pendukung seperti ruang isolasi, ruang observasi, Laboratorium, ruang sterilisasi, Central Gas Medik,  instalasi jenazah, landasan helikopter (helipad), dan zona utilitas.

“Saat ini terdapat 2 gedung bertingkat 2 berada di Zona B yang terdiri dari fasilitas observasi/penampungan/karantina (termasuk isolasi)  untuk Intensive Care Unit (ICU) dan untuk Non ICU. Total kapasitas Zona B mencapai 360 tempat tidur yang terdiri dari ruang observasi sebanyak 340 tempat tidur dan ruang isolasi sebanyak 20 tempat tidur,” ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Selasa (7/4/2020).

Selain itu di sekitar fasilitas utama juga dilengkapi ruang tindakan, ruang penyimpanan mobile rontgen,  ruang laboratorium, dapur, renovasi bangunan eksisting untuk bangunan penunjang, fasilitas air bersih, air limbah,  drainase, sampah, dan utilitas lainnya, serta ruang alat kesehatan, ruang isolasi dan observasi. 

Terakhir, Zona C adalah untuk tahap berikutnya (menyesuaikan kebutuhan) dengan memanfaatkan cadangan lahan. 

“Saat ini personil yang siap bertugas adalah 247 orang yang terdiri dari tenaga medis, paramedis dan non medis yang merupakan gabungan dari TNI, Polri,  Pemprov Kepulauan Riau dan Sukarelawan,” kata Basuki. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.